Tuesday, July 21, 2015

Dinkes Buka Layanan Non Stop, Perhatikan di titik-titik kedatangan pemudik serta objek wisata



Forum Pacitan sehat ; Cuti bersama menjelang lebaran yang akan dilaksanakan mulai 16 hingga 22 Juli nanti, mungkin tidak berlaku bagi petugas medis di Kabupaten Pacitan. Menurut Kepala Dinas Kesehatan setempat, Rachmad Dwiyanto, sebagaimana arahan kepala daerah, pihaknya akan mempersiapkan layanan kesehatan selama 24 jam non stop saat hari lebaran nanti. “Sebagai antisipasi lebaran, Dinas Kesehatan dengan puskesmas-puskesmas yang ada akan mempersiapkan layanan kesehatan 24 jam non stop,” terangnya, Selasa (14/7).


Mantan Kepala Dispendukcapil itu mengungkapkan, selain menyiagakan semua puskesmas, Dinas Kesehatan juga akan membuka pelayanan kesehatan di pos pengamanan terpadu yang di pusatkan di tiga lokasi. Diantaranya di Kecamatan Punung, Terminal Bus Pacitan, serta Terminal taxi Arjowinangun. Rachmad mengatakan, di tiga lokasi pos terpadu tersebut akan dibuka layanan kesehatan sejak pagi hingga pukul 21.00 Wib. “Selepas itu akan dilakukan pelayanan on call ke puskesmas-puskemas terdekat. Kami juga menyiagakan ambulance di tiga pos tersebut,” bebernya pada awak media.

Lebih lanjut mantan Staff Ahli Bupati itu mengungkapkan, pelayanan kesehatan yang dilaksanakan pada pos-pos pengamanan terpadu serta puskesmas, merupakan pelayanan standar tingkat pertama. “Sehingga seandainya terjadi kondisi emergency tentu akan dirujuk ke pelayanan yang lebih tinggi. Yaitu pelayanan kesehatan tingkat II atau rumah sakit daerah,” sebut Rachmad.

Selain itu, Dinas Kesehatan juga akan perhatikan di titik-titik kunjungan wisata. ‎Misalnya seperti, Pantai Klayar, Pantai Teleng Ria dan Goa Gong. Pada dua titik objek wisata yang diperkirakan mengalami lonjakan pengunjung saat lebaran nanti, juga akan dibuka pos pelayanan kesehatan. Lain itu, pejabat eselon IIB tersebut juga menyebut akan membuka pos pelayanan di objek wisata banyu anget, Tirto Husodo. Di lokasi itu, pos pelayanan kesehatan akan melibatkan puskesmas pembantu (pustu) Karang Gede serta polindes Gayuhan. “Sistem pelayanan kesehatan itu akan dilaksanakan sejak H+1 hingga H+5 lebaran nanti,” tutupnya. (fks_Jw)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT