Thursday, May 19, 2011

BOS Cabang PT SASS Kencana Enginering Jogjakarta Menghuni Tahanan Polres Pacitan.

PACITAN - Sudah jatuh tertimpa tangga. Peribahasa yang berarti kesialan dua kali itu dialami Charlie Joel, kepala Cabang PT SASS Kencana Enginering Jogjakarta. Sudah di-blacklist dalam proyek SMKN Pringkuku Kabupaten Pacitan karena pekerjaannya molor, Charlie kini harus mendekam di ruang tahanan Polres Pacitan. ''Dia kami tetapkan sebagai tersangka dalam kasus penipuan, modusnya cek kosong,'' kata Kapolres Pacitan AKBP Gatot Haribowo dikonfirmasi melalui Kasat Reskrim AKP Sukimin, kemarin (18/5).

Kasus yang membelit Charlie memang masih berkaitan dengan proyek pembangunan SMK Pringkuku. Saat penggarapan proyek, tersangka berutang material pada empat supplier bahan bangunan di Pacitan senilai Rp 500 juta. Pihak yang berpiutang ke Charlie itu di antaranya Sugiharyanto, pemilik toko bangunan Enggal Babar, dan pemilik toko bangunan Pelangi.

Nah, Charlie yang beralamat di Jogjakarta itu memberikan cek kepada empat penyedia bahan bangunan proyeknya. Belakangan setelah dicek di bank, cek tersebut ternyata kosong mlompong. Empat supplier yang merasa dirugikan akhirnya melapor ke polisi, pada akhir April lalu. Penyidik Sat Reskrim Polres Pacitan sengaja mengamankan empat lembar cek tanpa dulu diserahkan Charlie untuk barang bukti. ''Dari keterangan para korban, kami berhasil menangkap tersangka di Jogjakarta, ''tambah Sukimin kepada Radar Pacitan.

Atas perbuatannya itu, Charlie terjerat pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan ancaman hukuman maksimal empat tahun penjara. Lantaran termasuk pasal pengecualian, Sukimin sengaja menerbitkan surat perintah penahanan. ''Ya pertimbangannya agar tidak melarikan diri, menghilangkan barang bukti, dan mengulangi perbuatannya. Demi kelancaran penyidikan,'' tegas Kasat Reskrim.
 
Sementara itu, data di Dindik Pacitan menyebut, pengerjaan proyek bernilai Rp 8 miliar itu harus diselesaikan dalam waktu 90 hari. Namun, hingga batas akhir pekerjaan yang ditetapkan 20 Desember 2010, PT SASS Kencana Enginering tidak mampu menyelesaikannya atau pekerjaan masih amburadul hingga seratus persen. (Rdmn/fik/hw)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT