Tuesday, March 17, 2015

Forum Ponorogo Sehat Study Banding ke Forum Pacitan Sehat



Forum Pacitan Sehat - Keberhasilan Kabupaten Pacitan meraih penghargaan  Swasti Saba Padapa bidang kesehatan lingkungan tingkat Nasional tahun 2011 dan penghargaan Swasti Saba Wiwerda tahun 2013 menjadi daya tarik tersendiri bagi Kabupaten-kabupaten Sehat yang lain untuk melakukan study banding ke Kabupaten Pacitan, hari Selasa (17/3/2015).


Sebanyak 5 orang peserta study banding tersebut dipimpin langsung oleh Bappeda Ponorogo sebagai Ketua Tim Pembina Bapak Muharyadi dan Ketua Forum Ponorogo Sehat Ibu Sri Iswati, diterima langsung oleh Ketua Tim Pembina Forum Bpk Siswoyo, SE dan Ketua Forum Kabupaten Pacitan Sehat Kabupaten Pacitan Drs. H. Munib Siroj, M.Si, anggota forum serta Dinas Kesehatan di sekretariat Forum Pacitan Sehat Jalan D.I Panjaitan No. 8 Baleharjo Pacitan.

Ketua Tim Pembina Forum Ponorogo Sehat menjelaskan, study banding tersebut dimaksudkan untuk belajar strategi dan kebijakan progam serta kiat-kiat Kabupaten Sehat Kabupaten Pacitan yang dikembangkan bersama masyarakat sehingga berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Padapa dan Swasti Saba Wiwerda tahun 2013 yang lalu, dan berani mengajukan lansung 6 tatanan bahkan hasil bedah buku oleh tim verifikasi Nasional 2013 Pacitan termasuk terbaik nomor 5 se Indonesia. “Sementara kami baru akan memulai pada tahun 2014 – 2015 ini.

Ketua Forum Pacitan Sehat menjelaskan Kabupaten Pacitan mulai mengikuti Verifikasi tingkat Propinsi dan Nasional sejak tahun 2010-2011 berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Padapa dan Tahun 2012-2013 berhasil meraih penhargaan Swasti Saba Wiwerda, tahun lalu sebenarnya Kabupaten Pacitan layak diberikan Penghargaan Swasti Saba Wistara, dari eman tatanan yang diajukan,  namun pemerintah pusat  memberikan penghargaan Swasti Saba Wiwerda,” katanya.

Selain itu Ketua Forum Pacitan Sehat Kabupaten Pacitan Drs. H. Munib Siroj, M.Si, memaparkan beberapa  program serta upaya Forum Pacitan Sehat bersama elemen masyarakat berusaha meraih penghargaan penghargaan Swasti Saba Wistara pada tahun 2014-2015 ini. Dengan rincian, menetapkan enam tatanan yakni, pertama Kehidupan Masyarakat yang Sehat dan Mandiri, tatanan Permukimman Sarana dan Prasarana Umum, Tatanan Hutan Sehat, Tannan Ketahanan Pangan dan Gizi, Pariwisata Sehat, dan tatanan Sarana Tertib Lalu lintas dan Transportasi. “ Dalam hal ini Kabupaten Pacitan  menuju Kabupaten Sehat 2015” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Tim Pembina Kabupaten Pacitan Sehat Siswoyo, SE. Menjelaskan bahwa kegiatan dilapangan forum yang selalu punya inisiatif jadi tim pembina ikut menindak lanjuti, “pungkasnya”.
Berdasarkan hasil evaluasi dari enam tatanan itu sebenarnya Kabupaten Pacitan layak ‘naik kelas’ dengan mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara karena syarat-syarat/indikator sudah terpenuhi.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT