Monday, December 8, 2014

SUKSES TERAPKAN PROGRAM SANITASI TOTAL BERBASIS MASYARAKAT (STBM), KABUPATEN PACITAN SABET PENGHARGAAN TINGKAT NASIONAL



Forum Pacitan Sehat ; Upaya pemerintah kabupaten Pacitan menggarap sektor kesehatan kembali mendapat pengakuan di tingkat regional maupun nasional. Ini terbukti dianugerahkannya penghargaan kepada Bupati Indartato. Anugerah itu diberikan sebagai apresiasi atas komitmen bupati yang kuat dalam mendukung Program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Serah terima berlangsung di Surabaya, Selasa (25/11/2014).

'Intinya kita memprioritaskan 3 hal. Yakni mewujudkan perilaku sehat, lingkungan sehat, serta kemudahan layanan kesehatan bagi masyarakat, ujar Bupati Indartato usai menerima piagam penghargaan.

Menurut bupati, penanganan masalah kesehatan harus dilakukan secara serius dan berkelanjutan. Ini karena sektor yang ditangani adalah manusia yang cenderung berkembang dan dinamis. Karenanya, bupati merasa perlu turun langsung. Hal ini dilakukan dengan melihat langsung kehidupan warga kurang mampu melalui program Tilik Warga Grindulu Mapan. 

Bukan sekadar untuk mengetahui apa yang mereka makan hari ini, tetapi juga ketersediaan makan mereka esok hari serta bagimana fasilitas sanitasi mereka berupa jamban dan sejenisnya, tambah Indartato. 

Selain mendapat penghargaan dari Pemerintah Provinsi Jatim, terobosan pemerintah Kabupaten Pacitan dalam bidang kesehatan juga memperoleh atensi Pemerintah Pusat. Penghargaan berupa piagam dan piala diserahkan langsung Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita Moeloek di Jakarta, Rabu (26/11/2014).

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT