Monday, November 10, 2014

TEMPUH 75 KM, RATUSAN PESERTA IKUTI NAPAK TILAS RUTE GERILYA JENDERAL SOEDIRMAN DI PACITAN



Forum Pacitan sehat : Ratusan Peserta mengikuti napak tilas rute gerilya Panglima Besar Jenderal Soedirman yang menempuh jarak 75 kilometer. Rute napak tilas melalui 6 kecamatan, Yakni kecamatan Sudimoro, Ngadirojo, Tulakan, Tegalombo, Bandar dan kecamatan Nawangan.

Napak tilas rute Panglima Besar Jenderal Soedirman ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh KNPI, Kodim 0801 serta Pemkab Pacitan dalam rangka memperingati hari Pahlawan 10 Nopember.
Mengambil start dari Desa Klepu Kecamatan Ngadirojo, peserta napak tilas diberangkatkan oleh Bupati Pacitan Indartato. Peserta akan melalui 15 etape dari tanggal 7 dan berakhir tanggal 9 Nopember di Pakisbaru kecamatan Nawangan.
“ Saya sangat mengapresiasi kegiatan ini, semoga dari kegiatan ini dapat diambil hikmahnya. Terutama, bagi generasi muda”. Ujar Bupati Indartato sebelum memberangkatkan peserta napak tilas.
Hal senada juga disampaikan Komandan Korem 081 Dhirotsahajaya Madiun Kolonel CZI M.Reza Utama yang bertindak sebagai inspektur upacara. Menurut Danrem, perjuangan Jenderal Soedirman dapat dijadikan contoh teladan bagi generasi penerus. Perjuangan panjang jenderal Soedirman yang dalam kondisi sakit merupakan pengorbanan yang tidak ternilai.
“Pacitan menjadi bukti sejarah heroiknya perjuangan Panglima Besar Soedirman memimpin pasukan melawan penjajah” Kata Danrem penuh semangat.
Sementara itu, menurut panitia penyelenggara Heriawan, sejak dimulai tahun 2012 pelaksanaan napak tilas terus mengalami kemajuan. Baik kualitas maupun kuantitas. Tahun ini panitia memperlombakan peserta napak tilas dengan total hadiah sebesar Rp.17,5 juta.
Lomba akan diambil tiga kategori, yakni lomba pleton inti yang diikuti masing-masing kecamatan dengan jumlah peserta tiap kecamatan 49 orang. pasukan inilah yang bertugas membawa tandu duplikat. kriteria lain adalah penilaian regu pengawal yang diikuti seluruh desa dan lembaga sekolah serta kriteria partisipasi masyarakat.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT