Wednesday, June 25, 2014

KRPL DESA GEMBONG KECAMATAN ARJOSARI MASUK PENILAIAN PROVINSI JAWA TMUR



Forum Pacitan Sehat ; Rumah Pangan Lestari yang merupakan konsep pemanfaatan lahan pekarangan cukup memberi manfaat bagi pemenuhan pangan keluarga. 
Program inisiasi dari kementerian Pertanian itu masih tumbuh cukup baik di Kabupaten Pacitan. Seperti halnya di Desa Gembong Kecamatan Arjosari Kabupaten Pacitan. 
Pekarangan warga setempat begitu hijau dengan berbagai tanaman sayur mayur seperti terong, cabai, bayam hingga seledri dan kacang panjang.
Media yang dipakai juga beragam. Mulai dengan sitem polybag, botol bekas hingga menanam di pekarangan yang masih cukup. Ditambah lagi adanya kolam-kolam ikan sebagai penunjang lauk keluarga.

Atas kerja keras masyarakat yang tergabung dalam kelompok Sumber Urip 2 itulah, Desa Gembong berhak mewakili Kabupaten Pacitan maju dalam penilaian Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) tingkat Provinsi jawa Timur. Saat mengunjungi KRPL Sumber Urip 2 tim penilai Provinsi yang didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan Suko Wiyono dan Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan mengaku kagum. Apalagi kelom,pok ini dipelopori oleh para ibu rumah tangga dibawah binaan PKK desa Setempat. Ketua Tim Penilai Ir Anang Hariyanto mengatakan, pihaknya tidak ragu dengan semangat warga desa Gembong. Namun yang lebih penting bagaiman program ini terus berjalan dan memberikan manfaat kepada keluarga. Selain pemenuhan kebutuhan keluarga, Anang Hariyanto melihat sisi positif lain dari program KRPL ini. Yakni budaya kerja dan kerukunan dari para ibu rumah tangga. Dengan sering berkumpul dalam wadah kegiatan kelompok maka akan dapat saling tukar pengalaman serta menjalin tali silaturahmi. KRPL kelompok Sumber Urip 2 Desa Gembong dalam tiga tahun terakhir sudah menelurkan berbagai macam kegiatan. Mulai dari kegiatan simpan pinjam, jimpitan, hingga kerokhanian. Dalam KBD juga telah dikembangkan berbagai tanaman sayuran, buah2an dan obat keluarga. Semua itu memanfaatkan lahan pekarangan yang kosong. Untuk lauk keluarga juga dikembangkan budidayan ikan lele, nila dan patin. Budidaya ini menggunakan sistem kolam semi permanen menggunakan terpal. Demikian pula dengan peternakan, mulai ayam, itik kelinci dan kambing. Selama di Desa Gembong Tim Provinsi akan melihat Kebun Bibit Desa (KBD) dan tanamanya, budidaya perikanan dan peternakan serta mengambil dokumen fisik dilapangan

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT