Monday, December 8, 2014

CANANGKAN HMPI, BUPATI AJAK MASYARAKAT WUJUDKAN PACITAN IJO ROYO-ROYO



Forum Pacitan Sehat ; Canangkan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2014, Bupati Indartato mengajak semua lapisan masyarakat untuk mewujudkan Pacitan Yang Ijo Royo-Royo. Dengan gemar menanam sebenarnya masyarakat telah melakukan antisipasi perubahan iklim global.

Menurut Bupati Indartato untuk mencegah penurunan produktifitas alam dan mempertahankan kelestarian lingkungan maka fungsi hutan harus tetap dijaga.
“Menanam pohon sebenarnya pekerjaan mudah, namun terkadang kita kurang terbiasa melakukannya”, kata bupati disela acara pananaman pohon. 

Pemanfaatan hutan lanjut Bupati, harus menyeimbangkan antara fungsi  produksi dan ekologi. Apalagi 90 persen lebih hutan di Pacitan merupakan hutan rakyat. Eksploitasi hutan harus diatur dengan mempertimbangkan kembali kelestarian. 

Menurut Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (DisHutbun) Pacitan bambang Supriyoko, saat ini kondisi hutan di Pacitan sudah cukup Baik. Meski diakuinya, masih ada sekitar 21 ribu hektar lahan kritis. Namun, lahan tersebut tidak berada dalam satu wilayah.
“ Semua Lahan kritis yang tersisa merupakan hutan rakyat dan letaknya sulit dijangkau” katanya. 

Guna mengantisipasi eksploitasi hutan yang berlebihan menurut Bambang Supriyoko pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Tujuanya, agar masyarakat tidak hanya memanfaatkan hutan atas dasar kepentingan ekonomi namun juga kelestarianya.
Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) 2014 di kabupaten Pacitan akan ditanam sebanyak 8.168.653 bibit pohon. Bibit tersebut diperoleh dari gerakan bersama seperti kebun bibit rakyat, swadaya masyarakat, penghijauan, perkebunan, tanaman pangan, TNI/Polri serta lembaga lain. 

Khusus kota Pacitan pencananagan HMPI dipusatkan di jalu lintas selatan poros Kembang-Sidoharjo. Lokasi penanaman sepanjang 1 kilo meter dengan jumlah pohon sebanyak 200 batang jenis trembesi. Penanaman diikuti para PNS,TNI/Polri, Forum Pacitan Sehat, masyarakat dan pelajar.(Aans)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT