Monday, May 12, 2014

BUPATI: MESKI RAIH OPINI WTP, PACITAN MASIH HARUS BERBENAH




Forum Pacitan Sehat : Diraihnya kembali opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas Pelaporan Keuangan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), tidak lantas membuat pemerintah kabupaten Pacitan berpuas diri. Pasalnya, meski penilaian BPK tersebut merupakan prestasi, namun bupati Pacitan Indartato menilai masih ada catatan yang harus dibenahi.

Pernyataan Bupati itu disampaikan kepada para Camat dan Kepala satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD) dalam pertemuan singkat di halaman wingking (halking) kabupaten pacitan, senin (12/5/14) pagi. Tokoh nomor satu di Pacitan itu mengingatkan seluruh jajaran agar terus berbenah dan bekerja sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Menurut Bupati dalam laporan keuangan minimal ada tiga hal yang saling berkaitan. Meliputi laporan keuangan itu sendiri, kepatuhan terhadap aturan yang berlaku, dan aparat pengawas intern pemerintah (APIP). Dalam hal ini adalah Inspektorat Kabupaten Pacitan. Khusus untuk APIP, perannya menjadi sentral dalam laporan keuangan daerah untuk melakukan review sebelum diperiksa oleh BPK. Meski demikian, para kepala SKPD, Sekretaris Daerah (Sekda), maupun Bupati sendiri juga tetap harus berperan dalam pengendalian internal.

Pokok pokok atas laporan keuangan Pemkab pacitan tahun anggaran 2013 dan 2012 yang wajib menjadi perhatian diantaranya masih lemahnya sistem pengendalian intern dalam penyusunan laporan keuangan. Karena itu selain selalu berkordinasi di lingkup pemkab, Bupati juga berencana mendatangkan konsultan dari luar. Salah satunya dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta. Dengan demikian kualitas pengawasan diharapkan akan lebih baik pada tahun-tahun mendatang. Poin lain yang juga menjadi sorotan adalah masih lemahnya kepatuhan terhadap ketentuan peraturan perundang undangan.

Indartato berharap agar semua raihan yang telah dicapai oleh pemerintah daerah dapat menjadi motivator untuk peningkatan pelayanan pada masyarakat. Sehingga tujuan penyelenggaraan pemerintahan untuk mencapai masyarakat sejahtera terwujud.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan Suko Wiyono akan segera bertindak cepat untuk melakukan pembenahan. Dalam waktu dekat akan ada evaluasi seluruh SKPD. Tujuanya, agar setiap permasalahan serta ketidakseragaman pelaporan keuangan di masing-masing SKPD dapat diperbaiki.

Pertemuan antara Bupati, Camat dan para pimpinan SKPD ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda syukur atas capaian meraih opini WTP dari BPK.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT