Monday, December 2, 2013

Pacitan Kembali Meraih Penghargaan Tingkat Nasional Sebagai Kabupaten Sehat



Forum Pacitan Sehat : Melalui Forum Pacitan Sehat, pemerintah dan partisipasi masyarakat, Kabupaten Pacitan kembali meraih penghargaan tingkat nasional sebagai Kabupaten Sehat dengan kategori Swasti Saba Wiwerda. Penghargaan ini diterima dari Kementrian Kesehatan RI, pada tanggal 14 Nopember 2013 di Jakarta, yang diwakili oleh anggota Forum Pacitan Sehat, Ashuri Hidayat, dinas Kesehatan Dr. Eko Budiono, MM.


Ketua Forum Pacitan Sehat, Ahmad Munib Siraj saat ditemui Suara Pacitan mengatakan, dalam verifikasi nasional tahun 2012-2013 Kabupaten Pacitan mengajukan enam tatanan, antara lain tatanan kehidupan sehat dan mandiri, sarana dan prasarana umum, kawasan hutan sehat, pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, serta sarana lalulintas tertib.

Lanjut Munib yang juga sebagai Ketua STIT Muhammadiyah Pacitan itu, secara dokumentasi Kabupaten Pacitan masuk dalam lima besar nasional dan sebenarnya sudah berhak memperoleh Wistara. Namun dengan adanya pertimbangan tertentu, kali ini Pacitan baru mendapatkan Wiwerda.

Sebagai bentuk apresiasi kepada semua pihak yang telah berpartisipasi hingga diraihnya piala tersebut, Bupati Pacitan Indartato memberikan Tropi dan Piagam penghargaan bagi SKPD dan Desa penanggung jawab administrasi dan wilayah yang menjadi lokasi titik pantau tatanan penyelenggaraan Kabupaten Sehat tersebut.

SKPD dan desa yang mendapatkan penghargaan tersebut antara lain, Desa Bangunsari Kecamatan Bandar, mewakili tatanan kehidupan masyarakat yang sehat dam mandiri. Desa Arjowinangun mewakili tatanan kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum. Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika mewakili tatanan kawasan sarana lalulintas tertib dan pelayanan transportasi.

Tiga desa lainnya yang mendapatkan penghargaan dari Bupati Pacitan adalah Desa Karanganyar kecamatan Kebonagung mewakili tatanan kawasan hutan sehat, Desa Bomo, Kecamatan Punung mewakili tatanan kawasan Pariwisata sehat dan Desa Kledung, Kecamatan Bandar mewakili tatanan ketahanan pangan dan Gizi.

Penghargaan tersebut diberikan kepada desa yang mengikuti tatanan, melalui kepala desa dalam rangkaian upacara hari KORPRI ke 42 dan HKN ke 49 di alun-alun Pacitan, 29 Nopember 2013. Dalam sambutannya Bupati Pacitan memberikan apresiasi kepada seluruh masyarakat dan Forum Pacitan Sehat atas kerjasamanya, hingga Kabupaten Pacitan meraih penghargaan sebagai Kabupaten Sehat tingkat nasional.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT