Wednesday, September 18, 2013

FORUM BONDOWOSO SEHAT STUDI BANDING KE PACITAN



Forum Pacitan Sehat - Keberhasilan Kabupaten Pacitan meraih penghargaan  Swasti Saba Padapa bidang kesehatan lingkungan tingkat Nasional tahun 2011 menjadi daya tarik tersendiri bagi Kabupaten Kabupaten Sehat Bodowoso untuk melakukan study banding ke Kabupaten Pacitan, Rabu (18/9/2013).


Sebanyak 6 orang peserta study banding tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Forum Kabupaten Sehat H.Abdurahman dan diterima oleh Kepala Bappeda  Kabupaten Pacitan Ir. Heru Wiwoho SP, M.Si, Ketua Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Pacitan Drs. H. Munib Siroj, M.Si, anggota forum serta seluruh Dinas terkait dilingkup Kabupaten Pacitan di ruang Pertemuan Bappeda.


 Ketua Forum Kabupaten Sehat H.Abdurahman menjelaskan, study banding tersebut dimaksudkan untuk belajar strategi dan kebijakan progam serta kiat-kiat Kabupaten Sehat Kabupaten Pacitan yang dikembangkan bersama masyarakat sehingga berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Padapa hingga tahun 2013 ini berani mengajukan lansung 6 tatanan bahkan hasil bedah buku oleh tim verifikasi Nasional Pacitan termasuk terbaik nomor 5 se Indonesia. “Sementara kami baru akan memulai pada tahun 2014 – 2015 nanti.


Kepala Bappeda Pacitan menjelaskan Kabupaten Pacitan mulai mengikuti Verifikasi Kabupaten tingkat Propinsi dan Nasional sudah dua kali sejak tahun 2010 berhasil meraih penghargaan Swasti Saba Padapa Tahun 2011 lalu sebenarnya Kabupaten Pacitan layak diberikan Penghargaan Swasti Saba Wiwerda, dari empat tatanan yang diajukan,  namun pemerintah pusat  memberikan penghargaan Swasti Saba Padapa,” katanya.


Sementara Ketua Forum Pacitan Sehat Kabupaten Pacitan Drs. H. Munib Siroj, M.Si, memaparkan beberapa  program serta upaya Forum Pacitan Sehat bersama elemen masyarakat berusaha meraih penghargaan penghargaan Swasti Saba Wistara pada tahun 2013 ini. Dengan rincian, menetapkan enam tatanan yakni, pertama Kehidupan Masyarakat yang Sehat dan Mandiri, tatanan Permukimman Sarana dan Prasarana Umum, Tatanan Hutan Sehat, Tannan Ketahanan Pangan dan Gizi, Pariwisata Sehat, dan tatanan Sarana Tertib Lalu lintas dan Transportasi. “ Dalam hal ini Kabupaten Pacitan  menuju Kabupaten Sehat 2015” jelasnya.


Berdasarkan hasil evaluasi dari enam tatanan itu sebenarnya Kabupaten Pacitan layak ‘naik kelas’ dengan mendapatkan penghargaan Swasti Saba Wistara karena syarat-syarat/indikator sudah terpenuhi.


Rombongan dari Kabupaten Bondowoso selain diskusi dan mendatangi Sekretariat Forum Pacitan sehat melihat administrasi, dan berkunjung kesalah satu kawasan titik pantau yaitu “Pariwisata Sehat Goa Gong Kecamatan punung” didamping oleh Forum Pacitan Sehat dan staff Dinas Pariwisata yang ditugaskan.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT