Tuesday, September 3, 2013

Forum Pacitan Sehat di Verifikasi Tingkat Nasional



Forum Pacitan Sehat : Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Pacitan, dinilai tim verifikasi kabupaten dan kota sehat 2013 tingkat nasional di Sekretariat Forum Kabupaten Pacitan Kabupaten Pacitan, Senin (2/9).

Tim verifikasi yang berjumlah 2 orang itu berasal dari Kementrian Kesehatan RI, Kementrian Kehutan RI dan didampingi oleh 5 tim Provinsi Jawa Timur disambut oleh Bupati Pacitan Drs. Indartato, Muspida beserta Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Pacitan.



Ketua Tim Eka menjelaskan, kedatangan tim verifikasi ke Kabupaten Pacitan untuk melakukan verifikasi ulang terhadap dokumen kegiatan yang diserahkan Forum Pacitan Sehat Kabupaten Pacitan itu beberapa bulan yang lalu melalui di Bappeda Propinisi Jawa Timur.


 “Kedatangan kami juga untuk melakukan cek dan ricek serta menyesuaikan dokumen yang diberikan dengan fakta yang dilapangan," ujarnya.


Hal ini katanya, agar realita dilapangan sesuai dengan laporan dalam dokumen tersebut. 

Tim yang datang akan menilai enam tatanan  yaitu, kawasan permukiman dan sarana umum Desa Arjowinangun Kecamatan Pacitan, kedua kawasan Kehidupan sehat yang mandiri Desa Bangunsari Kecamatan Bandar, ketiga Kawasan tatanan Ketahanan Pangan dan Gizi Desa Kledung Kecamatan Bandar, keempat  Kawasan Tatanan Wisata Sehat Desa Bomo Kecamatan Punung, kelima Kawasan tatanan Hutan Sehat Desa Karanganyar Kecamatan Kebonagung, dan  Kawasan Tertib lalu lintas dan transportasi seputaran terminal bus Pacitan.



Sementara itu, ketua Forum Pacitan Sehat  Drs. H. Munib Siroj, M.Si, menyebutkan Kabupaten Pacitan masih berorientasi kepada permasalahan perilaku, sanitasi dasar, pelayanan kesehatan dan prasarana penunjangnya.

Menurutnya, mengatasi hal tersebut tidaklah mudah, walaupun daerah ini mempunyai potensi sumber daya dan potensi alam yang memadai. Jika tidak didukung oleh semangat kemitraan dan sinegritas antara pemeritah, swasta dan masyarakat tentunya tidak akan memberikan dampak positif terhadap pembangunan Kabupaten Pacitan kedepan.



"Oleh karena itu, sangat diperlukan sekali sinegritas dari semua lapisan dalam memberikan dampak positif untuk membawa kearah yang lebih baik," ujarnya.



Ketua Forum Pacitan Sehat  berharap semoga bisa tercapai Kabupaten Pacitan menjadi kabupaten yang sehat dan mendapatkan nominasi Penghargaan Swastisaba Wistara di Tingkat Nasional berhubung ini kali kedua Kabupaten Pacitan di Verifikasi  oleh tim kabupaten dan kota sehat dari tingkat nasional.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT