Tuesday, August 27, 2013

Pemerintah Dorong Industri Kecil Berbasis Sumber Daya Lokal



Forum Pacitan Sehat : Melemahnya nilai tukar rupiah berimbas pada kondisi perekonomian tanah air.Kondisi ini tentu sangat memberatkan masyarakat terutama bagi penggerak industri kecil dan menengah. Guna mengatasi persoalan tersebut pemerintah terus berupaya memacu pertumbuhan ekonomi dengan lebih mendorong potensi local.


Pernyataan itu disampaikan Dirjen Industri Kecil dan Menengah (IKM) Kementerian Perindustrian dan Perdagangan RI, Dra Euis Saedah, Selasa (27/8)  saat kunjungan kerja Di Pacitan. Menurutnya, mendorong pertumbuhan industri berbasis sumber daya lokal lebih efektif karena dampaknya lebih kuat di masyarakat. Perekonomian akan semakin kuat jika ekonomi kerakyatan memegang peran. 

Salah satunya adalah peran dari industri kecil dan menengah (IKM). Selain fleksibel, IKM juga mudah dan cepat berkembang sesuai kebutuhan. Dan yang utama menurut Euis Saedah, memiliki muatan lokal yang kuat. Hanya saja untuk mencapai hal tersebut IKM harus membekali diri agar dapat bersaing. Yakni dengan didukung oleh kuatnya struktur, tingginya nilai tambah produktifitas, serta memiliki produksi dan sumber daya produktif.

Untuk dapat mengembangkan industri berbasis sumber daya lokal, kabupaten Pacitan memiliki potensi lebih. Menurut Bupati Pacitan Indartato, tercatat lebih dari 10 ribu IKM tumbuh di kota Seribu Satu Goa ini. Hanya saja, dari jumlah itu, sebagian besar masuk kategori industri kecil. Beberapa yang sudah dikenal adalah industri batik, batu mulia, gula merah hingga yang besar adalah industri rokok. Pun Demikian dengan sumber daya manusia. Setiap tahun Kabupaten Pacitan mencetak lebih dari 4 ribu lulusan siap kerja dari sekolah Kejuruan.

Bupati berharap dengan berbagai pelatihan yang diberikan kementerian Perindustrian dan Perdagangan, industri lokal Pacitan semakin berkembang. Beberapa pelatihan yang diberikan antara lain pembuatan sepatu, pembuatan batik cap dan pelatihan animasi. Diserahkan pula bantuan seperangkat mesin untuk batik cap serta mesin pembuatan sepatu kepada bupati Pacitan. (Aan)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT