Tuesday, August 13, 2013

Jalankan Pengabdian, Kelompok KKN 104 UMM Ajak Generasi Muda Cintai Lingkungan dan Hidup Sehat


Forum Pacitan Sehat ; Dalam Dunia Perguruan Tinggi telah dikenal yang namanya Tri Dharma Perguruan Tinggi yang telah menjadi jiwa dan arah gerak bagi siapapun yang berkecimpung di dalamnya. Salah satu bunyi dari Tri Dharma tersebut ialah pengabdian masyarakat dimana seluruh civitas dituntut untuk mengaplikasikan ilmunya demi kemajuan dan terciptanya masyarakat madani di seluruh nusantara.

Oleh karena itu, sebagai mahasiswa yang sering dianggap sebagai agent of change pasti mempunyai tanggung jawab tersebut. Dalam rangka pengabdian diri terhadap masyarakat, maka mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang salah satu kelompoknya yaitu kelompok 104 ditempatkan di Kabupaten Pacitan.
Sadar akan pentingnya peran generasi muda, maka kelompok KKN 104 UMM mengajak siswa pada sekolah dasar atau Madrasah Ibtidaiyah GUPPI Hadiwarno, Ngadirojo, Kabupaten Pacitan untuk mencintai lingkungan dan melakukan gerakan konservasi khususnya penyu yang telah langka di desa mereka. Selain itu, tak lupa para siswa juga diajak untuk hidup sehat dengan membudayakan cuci tangan sebelum makan dan sikat gigi sesudah makan dan sebelum tidur.
Mengusung jargon “Generasi muda Sehat Badanku, Cinta Lingkungan dan Indah Alamku”, sebanyak 54 siswa yang dilibatkan sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang diselingi dengan praktik langsung dan juga games serta pembagian doorprize. Kepala Sekolah MI GUPPI menyambut dengan sangat antusias dan positif kegiatan tersebut karena kesadaran diri akan karakter yang berwawasan lingkungan sangatlah perlu ditanamkan pada generasi muda karena nasib dan kondisi lingkungan dan bangsa berada di tangan mereka.
Selain MI GUPPI Hadiwarno, kegiatan in juga dilakukan terhadap 2 sekolah lainnya di yaitu SDN Hadiwarno 1 dan SDN Hadiwarno 2. Sengaja dipilih sekolah-sekolah tersebut dikarenakan sekolah tersebut merupakan sekolah yang terletak di kawasan dan area terdekat dengan kawasan konservasi agar mereka sadar akan potensi dan kearifan yang ada di lingkungan mereka.
Disampaikan pula dalam kegiatan tersebut tentang pentingnya upaya konservasi penyu yang banyak mendarat di daerah tempat tinggal mereka karena penyu merupakan satwa purba yang telah jauh hidup 150 juta tahun yang lalu jauh sebelum manusia ada bahkan sebelum dinasti dinausaurus. Hal ini penting agar para siswa memiliki rasa memiliki terhadap kegiatan konservasi yang dilaksanakan agar hal ini dapat berjalan dengan baik dan lancar.
Perlu diketahui bahwa di Dusun Taman, Desa Hadiwarno, Kecamatan Ngadirojo, Kabupaten Pacitan dilakukan upaya konservasi penyu yang di gagas TEB-PSLK UMM bekerja sama dengan warga sekitar yang dikomandoi oleh kelompok yang mengatasnamakan dirinya dengan Kelompok Konservasi Penyu Taman Ria. Lestari selalu alamku!!

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT