Tuesday, August 13, 2013

Dinkes Tes Kesehatan Sopir, Dishubkominfo Uji Armada


Forum Pacitan Sehat ; Menghadapi musim mudik lebaran tidak lama lagi, para pengemudi kendaraan terutama awak transportasi masal menjalani pemeriksaan kesehatan. Ha ini dilakukan untuk menjamin kondisi para sopir sehat dalam berkendara.
Pemeriksaan dilakukan di pos kesehatan terminal bus Pacitan oleh petugas medis dari dinas kesehatan Pacitan. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Eko Budiono, dalam pemeriksaan kesehatan itu para pengemudi bus beserta kru dites tekanan darahnya.

Selanjutnya mereka juga diperiksa kondisi kesehatan telinga, hidung, maupun mata. Dan terakhir kru bus menjalani tes cepat kadar gula darah. Hasilnya, banyak diantara mereka yang kadarnya lebih tinggi dari angka ideal. Tetapi tidak berbahaya.

Hasinya meki tidak terlalu serius, sebagian besar pengemudi dan awak angkutan armada mudik Lebaran di Kabupaten Pacitan, kondisinya kurang fit. Karena sebagian besar diketahui memiliki kecenderungan tekanan darah yang tinggi. Meski demikian mereka masih dinyatakan layak untuk menjalankan kendaraan.

Menurut Eko apa yang dialami para pengemudi dan awak angkutan tersebut terjadi lantaran pola perilaku hidup yang kurang sehat. Termasuk asupan makanan yang mereka konsumsi. Demikian pula tekanan psikologis selama bekerja. Bagi para pengemudi bus jarak jauh idealnya mereka harus selalu beristirahat setiap menempuh perjalanan paling lama 6 jam. Dengan demikian kondisi fisik dan pikiran akan kembali segar.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, di terminal juga digelar pemeriksaan kelayakan armada angkutan Lebaran. Seperti bus dan angkutan dalam kota. Pemeriksaan dilakukan oleh petugas dari Dinas Perhubungan Komunikasi Dan Informatika (Dishubkominfo) bersama Satuan Lalu Lintas Polres Pacitan. Selain kelengkapan kendaraan, petugas juga selakukan uji emisi.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT