Sunday, November 18, 2012

Untuk kedua kalinya Kabupaten Pacitan menerima perhargaan sebagai Kabupaten Sehat



Forum Pacitan Sehat  - Untuk kedua kalinya Kabupaten Pacitan  menerima perhargaan sebagai Kabupaten Sehat "Swasti Sabha Padapa" untuk tingkat Provinsi Jawa Timur. Penghargaan ini sebagai tindak lanjut dari hasil penilaian lapangan dari Tim Verifikasi Provinsi Jatim pada bulan September yang lalu, dengan melihat di barbagai tempat di wilayah Kabupaten Pacitan .


Beradasarkan hasil pantauan langsung dilapangan menurut Tim Verifikasi Provinsi Jawa Timur Kabupaten Pacitan  dalam setiap tahunnya mengalami banyak kemajuan. Adapun yang diunggulkan oleh Kabupaten Pacitan  adalah Wisata Goa Gong  yang terletak di Desa Bomo Kecamatan Punung dan Ketahanan Pangannya di Desa Kledung Kecamatan Bandar.

Dalam pelaksanaan penilaian ini Tim membagi 3 kelompok , masing-masing kelompok akan menuju ke lokasi yang bakal diverifikasi. Ada kriteria penilaian yang dilaksanakan oleh tim verifikasi Jatim, antara lain Tatanan Pariwisata Sehat Goa Gong Desa Bomo di Kecamatan Punung dan Pantai Teleng Ria Kelurahan Sidoharjo  Kecamatan Pacitan sebagai tempat wisata yang tidak asing lagi bagi wisatawan  asing, untuk tatanan Hutan sehat sehat mengambil lokasi di Desa Karanganyar Kecamatan Kebonagung dan Desa Donorojo Kecamatan Donorojo, untuk Tatanan Ketahanan Pangan Desa Kledung Kacamatan Bandar, Tatanan Sehat Mandiri Desa Poko Kecamatan Pringkuku dan Desa Bangunsari Kecamatan Bandar, dan untuk Tatanan Permukiman sarana prasarana umum yang sehat mengambil lokasi di Desa Arjowinangun dan Perumans Bangunsari Desa Bangunsar Kecamatan Pacitan serta tatanan Tertib Lalu lintas di seluruh area kecamatan kota.

Kedatangan Tim Penilai dari Provinsi Jawa Timur selama melaksanakan penilaian didampingi Tim dari Kabupaten Pacitan, yang terdiri dari Forum Pacitan  Sehat, Bappeda Pacitan, Dinas perhubungan, Kantor Pariwisata, Kantor Sosial, Dinas Lingkungan Hidup, bagian Humas dan Kantor Ketahanan Pangan.

"Setelah melalui penilaian panjang, akhirnya Kabupaten Pacitan  berhasil meraih penghargaan sebagai Kabupaten Sehat Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2012 untuk kedua kalinya," ujar Kabag Humas Setda Pacitan,  “Putatmo”.

Keberhasilan kota 101 goa, berhak mewakili Provinsi Jawa timur dalam penilaian Kabupaten Sehat Tingkat Nasional untuk meraih Swasti Saba Wiwerda dari Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono. "Kita berharap, Pacitan  meraih prestasi tingkat Nasional," ungkapnya.
Dengan mewakili Jatim, Pacitan  terus berbenah untuk menyambut tim penilai tingkat Nasional sebagai kabupaten sehat yang benar-benar sehat. (anang)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT