Wednesday, November 7, 2012

Tahun Ini, Kemenpera Renovasi 4.500 Rumah di Pacitan



Forum Pacitan Sehat : Sebanyak 4.500 unit rumah tidak layak huni (RTLH) di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur direnovasi Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) tahun ini. Masing-masing rumah mendapat kucuran bantuan dana sebesar Rp. 6 juta.


Kepala Dinas Cipta Karya Tata Ruang dan Kebersihan (DCKTRK) Kabupaten Pacitan Edy Junan Ahmadi mengatakan, revonasi rumah tersebut meliputi perbaikan lantai, dinding, dan atap.

“Proyek renovasi itu sudah mulai dijalankan. Khususnya, bagi 695 dari 722 unit RTLH yang sudah menerima 50 persen dana bantuan stimulan perumahan swadaya (BSPS) dari pemerintah pusat,”

Separoh anggaran tersebut, ungkap Edy, sudah dicairkan melalui BRI unit di kecamatan-kecamatan. Sedangkan, 50 persen yang lain dicairkan secara bertahap sebelum akhir tahun ini. Tetapi, dalam tahap pertama itu masih ada 27 calon penerima bantuan yang belum bisa mengambil uang ke pihak perbankan tersebut.

“Bantuan tak bisa diambil karena penerimanya ada yang merantau ke Jambi dan Kalimantan. Juga, ada yang NIK (nomor induk kependuduk)-nya dobel),” terang Edy.

Menurutnya, bantuan dana itu harus dilakukan oleh calon penerima BSPS sendiri dan tidak bisa diwakilkan. Maka, untuk kepastian pencairan bagi 27  warga di Kecamatan Arjosari, Bandar, Nawangan, Arjosari, Pringkuku dan Punung itu pihak pemkab masih berkoodinasi dengan Kemenpera untuk memastikan apakah nantinya tetap diterimakan kepada mereka dengan diwakilkan ataupun dipindahkan ke rumah tangga miskin yang lain.

Selain itu, untuk memperjelas penerimaan bantuan bagi calon penerima yang bermasalah di bidang administrasi kependudukan. “Ini kesalahan administrasi dari pusat. Maka, kami masih menunggu,” tutur dia.

Sedangkan renovasi 3.778 unit RTLH lain penerima BSPS tahun ini segera dilangsungkan. Kini, tahapan perbaikan untuk 2.339 hunian sudah memasuki tahapan sosialisasi kepada tim pendamping masyarakat dan unit pelaksana kegiatan. Dengan begitu, pemerintah pusat segera mengucurkan separoh dana ke rekening BRI para calon penerima bantuan.

Untuk realisasi penerimaan dana bagi 1.439 RTLH sisa dari 4.500 masih menunggu inventarisasi Kemenpera. Edy mengungkapkan, kucuran dana bagi ribuan unit rumah yang masuk kuota perbikan tahun ini berakhir hingga akhir Desember nanti. “Untuk penyelasainnya bisa hingga awal tahun depan. Tapi, pencairan dana tidak boleh melebih tahun anggaran,” terangnya.

Di tahun 2013 nanti, program BSPS dari Kemenpera ini tetap berlanjut. Kuota RTLH yang mendapatkan bantuan dana untuk renovasi juga 4.500 unit. Sedangkan, jumlah RTLH di Kabupaten Pacitan tercatat sebanyak 12.350. Karena itu, untuk rehabilitasi yang lainnya pihak Pemerintah Provinsi Jawa Timur memprogramkan bantuan bagi 3.000 unit.

Untuk 350 sisanya menjadi tanggungan Pemkab Pacitan yang akan ditangani melalui program Gerakan Terpadu Menyejahterakan Masyarakat Pacitan (Grindulu Mapan). “Targetnya di tahun 2013 semua rumah tidak layak huni sudah tertangani,” ungkap Edy Junan.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT