Thursday, October 11, 2012

Program Grindulu Mapan Raih Penghargaan Innovation Government Award 2012


Forum Pacitan Sehat : Inovasi program Pemerintah Kabupaten Pacitan dalam mendukung upaya menyejahterakan masyarakat melalui pemberian pelayanan, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah mendapat penghargaan tingkat nasional. Anugerah yang dinamakan Innovative Government Award 2012, diserahkan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi kepada Bupati Pacitan Indartato Senin 8 Oktober di Jakarta.

Kabupaten Pacitan termasuk satu diantara 30 Kabupaten/Kota di tanah air yang berhasil memboyong penghargaan bergengsi tersebut. Kota 1001 Goa masuk nominasi terpilih melalui Program Gerakan Terpadu Menyejahterakan Masyarakat Pacitan (grindulu mapan) yang dicanangkan pada era pemerintahan Bupati Indartato dan Wakil Bupati Prayitno.

Menurut Bupati Indartato, konsep Grindulu Mapan diilhami kenyataan masih banyaknya penduduk miskin yang belum terjaring dalam pendataan yang dilakukan pemerintah pada tahun 2008. Warga kurang beruntung yang secara ekonomi tidak memiliki potensi untuk diberdayakan tersebut merupakan sasaran utama Grindulu Mapan.

Pemerintah daerah berupaya mengangkat derajat ekonomi mereka dengan mengucurkan bantuan untuk hidup sehari-hari. Harapannya, mereka dapat hidup lebih layak meskipun ditengah keterbatasan.

Terobosan Program Grindulu Mapan dimulai dengan aspek paling mendasar. Yakni kriteria penduduk miskin. Tentu saja kebijakan yang diterapkan tetap mengacu ketentuan dari pemerintah yang lebih atas. Berbagai indikator yang menjadi acuan menentukan kemiskinan selanjutnya dituangkan dalam peraturan bupati.

Kebawah, sosialisasi juga gencar dilakukan mulai tingkat kecamatan hingga RT. Harapannya, semua tingkat pemerintahan akan satu bahasa dalam menentukan kriteria penduduk miskin.

Program Innovative Government Award merupakan penghargaan tahunan yang diberikan Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Tujuannya, untuk memotivasi Pemerintah Daerah agar senantiasa mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah sesuai dengan karakteristik masalah dan spesifikasi kebutuhan masyarakat.

Program Innovative Government Award mengedepankan 4 nilai strategis. Antara lain: memperkuat kemandirian daerah, membangun citra positif pemerintah daerah, mengharuskan pemerintah daerah untuk terus belajar dan mendorong peningkatan kinerja pemerintah daerah. (cc)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT