Wednesday, October 3, 2012

KUB Kali Uluh III Kecamatan Kebonagung Masuk Penilaian Nasional


Forum Pacitan Sehat : Kelompok nelayan Kali Uluh 3 kabupaten Pacitan mampu menorehkan prestasi dengan mewakili Jawa Timur dalam lomba bidang perikanan Adi Bhakti Mina Bahari tingkat Nasional. Kelompok nelayan dari Desa Klesem Kecamatan Kebonagung tersebut merupakan kelas pemula yang berhasil mengoptimalkan kegiatan kelompok, baik dalam pembenahan organisasi, peningkatan SDM maupun inovasi tekhnologi serta pengembangan usaha.

Menurut Ketua Tim Penilai dari kementerian kelautan Perikanan Bidang Perikanan Tangkap, Eko Heroning Selasa (2/10), KUB 3 Kali Uluh merupakan satu diantara 24 KUB se INdonesia yang masuk nominasi penilaian tingkat nasional. Meski masih ada yang perlu pembenahan, namun sebagai kelas pemula kelompok nelayan ini sudah menunjukkan perkembangan yang baik. Terutama dalam hal administrasi kelompok.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan Mulyono saat membacakan sambutan Bupati Pacitan indartato mengatakan, pemerintah kabupaten Pacitan terus berupaya memberikan pembinaan terhadap para nelayan untuk memberikan motivasi agar mampu swadaya memenuhi kebutuhan bersama. Bentuknya berupa pelatihan dan permodalan yang terjangkau bagi masyarakat.

Hanya saja memang diakui Bupati masih banyak persoalan yang membutuhkan penanganan dalam membangun bidang kelautan dan perikanan. Diantaranya, orientasi Mataraman dalam pembangunan wilayah, aktifitas nelayan yang terbatas satu hari berlayar, terbatasnya infrastruktur utamanya jalan serta semakin menurunya sumber daya ikan serta banyak lagi lainya.

Nelayan di Kabupaten Pacitan sendiri saat ini terdata sebanyak 3.840 orang, 1.026 diantaranya nelayan andon. Adapun njumlah armada kapal sebanyak 1.472 unit dengan ukuran  kebanyakan sebatas 10 GT. Dengan potensi tersebut, produksi perikanan tangkap kabupaten Pacitan tahun 2011 mencapai 6.317 ton dengan komoditi utama tuna dan cakalang.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT