Tuesday, September 4, 2012

Kabupaten Pacitan Berpeluang Raih Swasti Saba Wiwerda


Forum Pacitan Sehat : Predikat sebagai kota bersih dan sehat memang layak disandang kabupaten Pacitan. Selain anugerah kebersihan piala Adipura yang mampu dipertahankan 5 kali berturut-turut, Pacitan yang sehat juga turut ambil peran.


Setelah sebelumnya kabupaten Pacitan melalui Forum Pacitan Sehat mendapat penghargaan tingkat Nasional SWASTI SABA PADAPA, tahun ini kembali, Kota Seribu Satu Goa, berkesempatan mendapat anugerah yang lebih tinggi, SWASTI SABA WIWERDA. Bersaing dengan 18 kabupaten/ kota se Jawa Timur, kabupaten Pacitan masuk verifikasi penilaian dari tim provinsi.

Disela penilaian di Pacitan, Ketua Tim Verifikasi Jawa Timur Edi Basuki Selasa (4/9) mengatakan, kabupaten Pacitan memiliki potensi untuk meraih penghargaan tersebut. Selain dukungan yang kuat dari pemerintah kabupaten, peran serta masyarakat juga sangat besar. Semisal, adanya gerakan bebas BAB sembarangan yang sudah menjadi gerakan bersama di Pacitan. Apalagi, sebelumnya penghargaan Swasti Saba sudah diraih.

Hal senada disampaikan Bupati Pacitan Indartato. Menurut Bupati, tidak ada yang tidak mungkin jika semua pihak ikut andil. Orang Nomor satu di Pacitan itu berharap dari hasil evaluasi nanti akan menjadikan pacitan lebih baik kedepan.

Selama di Pacitan, tim penilai Provinsi akan meninjau beberapa lokasi yang akan diverifikasi faktual. Menurut Ketua Forum Pacitan Sehat Ahmad Munib Sirodj, ada 6 titik yang akan jadi fokus penilaian. Enam titik tersebut adalah, kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum dengan lokasi di desa bangunsari dan Desa Arjowinangun Kecamatan Pacitan, Kawasan Kehidupan yang  sehat dan  mandiri dengan lokasi di Desa Poko Kecamatan Pringkuku dan Desa Bangunsari Kecamatan Bandar, kawasan hutan sehat dengan lokasi di Desa Donorojo Kecamatan Donorojo dan Desa Karanganyar Kecamatan Kebonagung. tiga titik lain, kawasan Pariwisata sehat dengan lokasi Teleng Ria Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Pacitan dan Goa Gong Desa Bomo Kecamatan Punung, kawasan lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi dengan lokasi seputaran jalan kota serta kawasan Ketahanan Pangan dan Gizi dengan lokasi di Desa Kledung Kecamatan Bandar.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT