Wednesday, February 15, 2012

Pertumbuhan Kurang Ideal, 19 Persen Anak DI Pacitan Butuh Perhatian


Forum Pacitan Sehat
Forum Pacitan Sehat - Proses tumbuh kembang anak harus menjadi perhatian serius orang tua. Khususnya, pada usia 5 hingga 14 tahun, pertumbuhan fisik anak-anak masih dapat berkembang optimal. Kasi Kesehatan Keluarga (Kesga) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan Wawan Kasiyanto mengungkapkan, meski proses pertumbuhan fisik anak berperan penting dalam perkembangan, namun sayangnya masih ada sebagian orang tua yang kurang memperhatikan.

Padahal, anak yang terlambat mencapai tinggi ideal akan sulit mencapainya di waktu-waktu yang akan datang. Terlebih pertumbuhan tinggi badan merupakan akumulasi pertumbuhan linear masa lalu. Ini berbeda dengan golongan remaja yang secara alamiah, pertumbuhanya akan segera berhenti.

Wawan menyatakan, sesuai uji sampel sementara yang dilakukan dinas kesehatan terungkap, sebanyak 13 persen anak remaja dan 19 persen anak usia Sekolah Dasar (SD) sampai SLTP di Kabupaten Pacitan, mengalami gangguan pertumbuhan. Artinya, tidak sampai pada pertumbuhan tinggi badan ideal.Dari hasil pendataan dibeberapa Puskesmas, ada anak usia lima tahun yang idealnya memiliki tinggi badan 109 sentimeter. Namun kenyataannya masih kurang dari angka tersebut.

Menurut Wawan ada beberapa hal yang menyebabkan munculnya masalah itu. Yakni model pengasuhan yang kurang baik dan semakin dominannya sifat konsumtif masyarakat. Misalnya, Orang tua tanpa sengaja mengabaikan asupan dan kebutuhan kecukupan gizi. terlebih saat usia balita, dengan alasan repot dan sebagainya. Sehingga, hanya mengambil jalan pintas menyajikan makanan instan pada anak. Jika hal tersebut berlarut-larut, maka tidak menutup kemungkinan angka 19 persen akan terus bertambah.

Wawan menambahkan, selain asupan gizi para orang tua juga disarankan untuk memperhatikan kebutuhan mineral untuk proses tumbuh kembang anak.Sebab mineral mempunyai peran dominan dalam metabolisme tubuh. Caranya, dengan meningkatkan konsumsi ikan laut.

Selain mineral, ikan juga banyak mengandung omega 3, 6 dan 9.Sesuai data 2010, jumlah anak rentang usia  5-14 tahun sekitar 83.359 anak. Sedangkan jumlah remaja pada tahun yang sama sebanyak 38.059 orang.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT