Wednesday, January 4, 2012

Pacitan Siap Menjadi Kabupaten ODF 2012


Forum Pacitan Sehat - Kesadaran masyarakat Pacitan terhadap lingkungan yang bersih dan sehat kian nampak. Kebutuhan akan Sanitasi yang sehat, menjadi bagian yang utama dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya dengan tidak Buang Air Besar (BAB) sembarangan.


Perlahan tapi pasti, desa-desa di kabupaten Pacitan mengikrarkan diri menjadi desa Open Defecation Free (ODF). Yang terbaru adalah desa Karangnongko Kecamatan Kebonagung. Janji masyarakat untuk menciptakan sanitasi total berbasis masyarakat ini disaksikan langsung bupati Pacitan Indartato. Dalam paparannya Kepala Desa Karangnongko Sunarko menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan pemicuan selain kader sanitarian dan bidan Desa juga dibantu oleh kegiatan KKN dari Universitas Muhammadiyah Pacitan.

Dengan pendeklarasian Desa Karangnongko sebagai desa ODF maka kecamatan Kebonagung yang terdiri dari 19 desa, 3 diantaranya sudah ODF. Desa Tersebut adalah Kebonagung, Plumbungan, dan Karangnongko. Tidak lama lagi akan menyusul 3 desa lain yakni, Katipugal, Gembuk dan desa Sanggrahan yang masih menunggu verifikasi akhir pemicuan.

Bupati Pacitan Indartato sendiri mengaku bangga dengan capaian ini. Menurutnya, untuk menuju masyarakat yang sejahtera, hal utama yang dibutuhkan adalah Kesehatan dan pedidikan. Untuk mencapai derajat kesehatan tersebut maka perilaku sehat masyarakat harus diutamakan. Seperti selalu menjaga lingkungan bersih dan sehat, memiliki sanitasi sehat termasuk tidak BAB sembarangan.

Kabupaten Pacitan sendiri sejak awal pemicuan ODF tahun 2007, 4 kecamatan telah dinyatakan bebas BAB sembarangan. Keempatnya adalah kecamatan Donorojo, Punung, Pringkuku dan Bandar. Sedang untuk kecamatan lain, terus berbenah.
Terpisah, kepala Dinas Kesehatan Pacitan Hendra Purwaka mengatakan, program sanitasi total berbasis masyarakat ini tidak bisa dinilai secara fisik, namun bagaimana merubah pola pikir masyarakat agar berperilaku sehat, terutama tidak buang air besar sembarangan. Fakta tersebut sampai saat ini masih banyak ditemui. Ini karena masih ada sebagian masyarakat yang belum memiliki jamban keluarga dan melakukanya di sekitar rumah.
Untuk memiliki jamban keluarga, lanjut Hendra Purwaka, sebenarnya tidak perlu mahal. Namun, memenuhi syarat kesehatan. Yakni, tidak mencemari sumber air, tidak bisa dimasuki vektor serta diusahakan tersedia air dan sabun.
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pacitan menyampaikan bahwa total desa yang sudah mendeklarasikan ODF sebanyak 55 desa dan tersebar di 498 Dusun. Ditargetkan akhir 2012 seluruh desa di 12 kecamatan di Kabupaten Pacitan bebas BAB sembarangan.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT