Friday, December 30, 2011

Ingin Tampil Beda di Tahun Baru Mencuri Uang Negara


Forum Pacitan Sehat - Teka-teki hilangnya uang negara senilai puluhan juta rupiah di Ruang Keuangan Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Pacitan, semakin gamblang. Hanya tempo 2 hari sejak kejadian, polisi berhasil meringkus pelaku.

Pelaku EW (47), yang tak lain karyawan dinas tersebut. Dia ditangkap di rumahnya Lingkungan Barehan, Kelurahan Ploso, Jumat (30/12/2011) dini hari. Dari rumah pelaku, polisi juga mengamankan barang bukti uang tunai Rp 93.657.000.

"Dari hasil pemeriksaan baik di TKP maupun berdasarkan keterangan saksi-saksi, memang ada beberapa kejanggalan," kata Kapolres Pacitan AKBP Mohammad Agung Budijono kepada wartawan di kantornya.

Berdasarkan hasil penyelidikan awal, lanjut Kapolres pihaknya terus melakukan pendalaman. Ini termasuk mengumpulkan keterangan dari karyawan lain yang sekantor dengan pelaku serta orang lain yang berkompeten.

Hasilnya, ditemukan indikasi yang mengarah pada keterlibatan EW. Pria asli Kecamatan Donorojo yang juga menjabat Ketua RT 05 di lingkungannya itu pun ditetapkan sebagai tersangka tunggal.

"Setelah kita dalami, ada indikasi kasusnya bukan pencurian tetapi mengarah ke penggelapan, " tandas Kapolres.

Untuk kepentingan penyidikan, tersangka EW ditahan di Mapolres Pacitan. Akibat perbuatannya, diancam pasal 374 KUHP tentang penggelapan dalam jabatan.

Ini karena kewenangan terhadap ruangan tempat menyimpan uang berada di tangan tersangka. Jika terbukti bersalah, EW dapat dijatuhi hukuman penjara maksimal 5 tahun.

Seperti diberitakan, uang tunai puluhan juta rupiah yang merupakan anggaran Disbudparpora Pacitan, Rabu (28/12/2011) hilang. Saat diketahui oleh seorang karyawan, pintu ruangan bagian keuangan tidak terkunci.

Demikian pula brankas tempat menyimpan uang dalam kondisi terbuka. Hanya tersisa satu lembar uang tunai Rp 50 ribu di dalam brankas, serta 3 lembar uang kertas Rp 50 ribuan tercecer di lantai.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT