Tuesday, January 31, 2012

Kabupaten Pacitan Potensi Untuk Ternak Sapi

Forum Pacitan Sehat - Kabupaten Pacitan memiliki prospek cukup besar untuk budidaya peternakan. Selain ketersediaan lahan yang sangat luas, hijauan pakan yang tersedia juga melimpah. Berdasar hasil analisa tekhnis , dalam satu tahun kabupaten Pacitan dapat menghasilkan hijauan pakan ternak dan limbah pertanian sebesar lebih dari 1,6 juta ton per tahun.

Hal tersebut dikemukakan bupati Pacitan Indartato, saat memberikan bantuan ternak kepada kelompok peternak Pacitan di Desa Gawang Kecamatan Kebonagung (30/1) kemarin. Dari besarnya potensi tersebut tandas bupati, masyarakat harus dapat melihat sebagai peluang bisnis yang menjanjikan.

Angka konsumsi daging dikabupaten Pacitan saat ini, baru 3,07 kilogram per kapita per tahun.Sedangkan kebutuhan menurut nasional sebesar 7,5 kilogram perkapita per tahun.Sehingga masih ada peluang usaha sebesar 4,43 kilogram per kapita per tahun.

Kondisi tidak jauh berbeda juga terjadi pada konsumsi telor. Saat ini, konsumsi telor masyarakat Pacitan, baru 5,79 kilogram. Jauh dibawah angka standart Nasional sebesar 11 kilogram per tahun. Sehingga masih tercipta peluang usaha sebesar 5,21 kilogram per kapita per tahun.

Secara makro lanjut bupati, fokus pembangunan peternakan di Pacitan diarahkan pada tiga tujuan utama yakni, pengentasan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja serta pertumbuhan ekonomi atau peningkatan pendapatan dan kesejahteraan.
 
Budidaya ternak ungkap Bupati, juga dapat sinergi dengan program lain seperti, Rumah Pangan Lestari (RPL). Dengan KRPL PLus diharapkan, hasil yang didapat bukan hanya menjadi tambahan gizi keluarga, namun juga sebagai tabungan masa depan anak. Apalagi bantuan dari pemerintah ini bersifat hibah.

Kedepan bupati Indartato berharap bantuan yang ada dapat dimanfaatkan dengan baik serta berkembang ke masyarakat lain. Pola pemeliharan secara agribisnis harus dipertahankan agar peternakan dapat lestari.

Dalam kesempatan sama kepala Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Pamuji mengungkapkan, Dikabupaten Pacitan peluang untuk beternak masih cukup besar. Populasi sapi saat ini baru 86.138 ekor sedangkan cakupan populasi bisa mencapai 129.925,58. Sehingga masih ada peluang mencapai 43 ribu lebih.

Begitu juga dengan ternak kambing peluangnya jauh lebih besar, yakni mencapai 1,7 juta ekor lebih  kambing. Sehingga wajar, jika kebutuhan akan daging masyarakat Pacitan masih  sangat kurang. Untuk mencukupinya mengandalkan pasokan dari luar daerah.

Selain bantuan ayam buras sebanyak 2.268 ekor,yang diserahkan simbolis kepada kelompok peternak di desa Gayam Kecamatan kebonagung, juga terdapat bantuan ternak sapi domba, kambing serta itik kepada kelompok lain dikabupaten Pacitan.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT