Friday, September 30, 2011

Turun Gunung Bupati Bantu Puluhan Tangki Air Bersih

Forum Pacitan Sehat - Kelangkaan air bersih saat kemarau panjang  menjadi fenomena yang kerap dihadapi masyarakat Pacitan. Karakteristik pegunungan kapur bagi sebagian wilayah kabupaten diujung selatan Jawa Timur ini, menyebabkan sumber air dangkal sulit didapat. Upaya pipanisasi ke pemukiman penduduk oleh perusahaan air minum daerah yang selama ini dilakukan juga belum maksimal karena kondisi geografis dan penyebaran penduduk yang tidak merata.


Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah untuk mengurangi dampak. Salah satunya dengan droping air bersih langsung ke sasaran. Seperti yang dilakukan Bupati Pacitan Indartato Kamis (29/9), bersamaan dengan acara Tilik Warga Mandiri di desa Mendolo Kidul kecamatan Punung serta Desa Pelem Kecamatan Pringkuku. Puluhan tangki air bersih disalurkan untuk masyarakat di dua wilayah tersebut serta desa-desa lain disekitarnya.

Bupati Pacitan Indartato disela kegiatan bersama warga mengatakan, dalam kondisi seperti saat ini sebagian besar masyarakat terutama yang berada di zona rawan kekeringan sangat membutuhkan air bersih. Untuk itu bupati berharap kegiatan serupa menjadi prioritas agar kebutuhan air bersih warga dapat tercukupi. Namun akan lebih baik tandas bupati, semuanya terkoordinasi dengan pihak terkait sehingga distribusi lebih merata.

Selain mengandalkan bantuan droping air bersih, bupati juga menekankan kepada masyarakat agar memberdayakan sumber-sumber air lokal yang potensial. Jika memang debit air yang keluar mencukupi untuk dikonsumsi bersama maka pemerintah akan berusaha membantu dengan memfasilitasi peralatan penyedot air agar bisa dikonsumsi masyarakat. Bahkan jika perlu diusulkan bantuan baik melalui provinsi maupun pusat.

Wilayah Kabupaten Pacitan dibagi dalam dua kategori rawan kekeringan. Yang pertama masuk klasifikasi kekeringan kritis serta klasifikasi langka. Kategori kedua itulah yang selama ini mendominasi pada hampir semua wilayah. Dari 12 kecamatan terdapat 69 desa yang terpetakan langka air bersih. (aan/pur)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT