Wednesday, August 3, 2011

Razia Mamin Tim Gabungan Temukan Makanan Kedaluwarsa dan Kemasan rusak


Forum Pacitan Sehat - Meningkatnya konsumsi masyarakat memasuki ramadan biasa dimanfaatkan para pelaku usaha untuk meraih keuntungan. Berbagai jenis makanan atau jajanan banyak ditemui di toko-toko, pasar maupun pusat perbelanjaan lain, khusus menyambut kedatangan bulan suci.

Akibat meningkatnya permintaan masyarakat tersebut acap kali membuat para pedagang lupa terhadap masa berlaku barang dagangannya. Bahkan terkadang ditemukan kemasan dalam kondisi rusak. Jika hal tersebut tidak diantisipasi maka masyarakat konsumen yang dirugikan. Menyikapi hal tersebut tim gabungan pemkab yang terdiri dari Polres Pacitan, Satpol PP dan Dinas Kesehatan Rabu (3/8) pagi menggelar razia makanan dan minuman tidak layak jual.

Hasilnya ditemukan sejumlah makanan dan minuman kadaluwarsa pada beberapa toko di Pacitan. Sebagian lainnya diketahui dijajakan dengan kemasan rusak. Operasi dimulai dari salah satu swalayan di Arjowinangun. Pada saat bersamaan, tim lain melakukan sidak ke sejumlah toko serba ada di Jalan Panglima Sudirman. Di tempat itulah petugas menemukan makanan dan minuman tidak layak konsumsi.

Diantara jenis bahan makan berbahaya tersebut berupa minuman kalengan yang masa kadaluwarsanya jatuh 22 Juli 2011. Sedangkan untuk jenis makanan berupa daging kalengan dan susu formula tersebut, mengalami kerusakan kemasan. Barang-barang tersebut selanjutnya dibawa tim untuk diperiksa.

Menurut
Sutarjo, petugas sanitarian Puskesmas Tanjungsari yang ikut dalam razia, jika Kemasan rusak, resikonya terkontaminasi bakteri clostridium bacterium. Kalau dikonsumsi bisa mengakibatkan diare. Maraknya peredaran makanan kadaluwarsa harus menjadi perhatian serius. Warga pun diminta ikut melakukan pemantauan serta lebih cermat dan teliti saat berbelanja. Antara lain dengan memerhatikan kondisi fisik dan tanggal kadaluwarsa yang tertera pada kemasan.

Dikonfirmasi di sela sidak, Kasat Sabhara Polres Pacitan AKP Suyanto menjelaskan, kegiatan ini merupakan agenda rutin menyambut datangnya Idul Fitri. Apalagi, saat tersebut masyarakat biasanya berbondong-bondong belanja ke toko untuk memenuhi kebutuhan lebaran.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT