Saturday, July 23, 2011

Forum Kabupaten Sehat di Nilai Tingkat Nasional

Forum Pacitan Sehat - Keberhasilan Kabupaten Pacitan dalam segala hal telah banyak meraih penghargaan untuk sekala Nasional.

Di tahun ini saja Kabupaten Pacitan  telah meraih penghargaan Adipura  Supremasi tertinggi bidang kebersihan tersebut diberikan pemerintah pusat atas upaya upaya Kota 1001 Goa mencipatakan kawasan bersih dengan pengelolaan sampah yang baik.  Untuk Bidang Pelayanan Pendidikan Kabupaten Pacitan juga meraih Otonomi Awards 2011 dan masih banyak lagi prestasi yang telah didapat oleh Kabupaten Pacitan.

Dalam kurun waktu yang sama pada tahun ini Kabupaten Pacitan  telah terpilih untuk mewakili Propinsi Jawa Timur dalam penilaian Konservasi Hutan Tingkat Nasional bahkan lomba Pos Kamling RT. juga Tingkat Nasional, dan penilaian Kabupaten Sehat Tingka Nasional yang penilaiannnya berlangsung Rabu dan Kamis 20 s/d 21Juli 2011

Terkait dengan dinialinya Kabupaten Pacitan diajukan sebagai salah satu peserta dari 8 Kabupaten/Kota yang ada di Jawa Timur  yang baru melangkah ikut  penilaian Nasional dan berani mengajukan 4 titik kawasan antara lain ; Kawasanan Perumahan Sehat dan Mandiri Desa Poko Kecamatan Pringkuku salah satu desa OD ke ODF tercepat, Kawasan Hutan Sehat yang  terletak di Desa Donorojo Kecamatan Donorojo juga kawasan hutan yang sering mendapat Kalpataru dari Presiden RI, Kawasan Permukiman Sarana dan Prasarana Umum Desa Bangunsari Kecamatan Pacitan, Kawasan Pariwisata Sehat terletak di Kelurahan Sidoharjo Kecamatan Pacitan. 

Dalam penilaian Tingkat Nasional itu tidak hanya berfokus pada administrasi Sekretariat Forum saja tetapi oleh ketua Tim pembina di arahkan melihat langsung kondisi lapangan yang sebenarnya. Dan juga data dukung yang ada seperti Sekolah sehat, Pengolahan sampah organic yang ada di pasar Minulyo, Bank Sampah yang ada di Kelurahan Pacitan, karena merupakan satu-satunya Bank Sampah di Jawa Timur yang dilounchingkan oleh Menteri Lingkungan Hidup, dan di Indonesia Bank sampah tersebut baru ada 2 tempat yaitu Jawa Timur (di Pacitan) dan Jawa Tengah ( di Kab. Bantul ).   

Sebelum pelakukan penilaian Rombong Tim di sambut Bupati Pacitan Drs. Indartato, MM di halaman belakang pendopo Kabupaten ( Halking) dalam sambutannya walaupun di bilang baru ikut penilaian kami optimis Pacitan tidak mengecewakan hasil kerja teman-teman forum.  Dan harapan kami akan mampu meraih juara sekaligus mendapatkan piala Wiwerda. Ungkapnya.

Lebih jauh Bupati Pacitan menegaskan implementasi dari sebuah kota sehat adalah Kota yang terus berupaya meningkatkan kwalitas lingkungan berupa fisik dan lingkungan sehat serta sosial lainnya dalam memberdayakan masyarakat secara maximal diseluruh dimensi kehidupan. Dan dengan berhasilnya Kabupaten Sehat ini tahun 2012 Pacitan akan tercapai Kabupaten ODF.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT