Thursday, July 21, 2011

Demi Masyarakat Puskesmas Buka 24 Jam


Forum Pacitan Sehat - Sebagai upaya meningkatkan dan mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Dinas Kesehatan Pacitan memberlakukan penambahan jam layanan untuk semua puskesmas. Bahkan dari  puskesmas yang ada di kabupaten Pacitan, kesemuanya wajib memberikan layanan 24 jam

Menurut kepala Dinas Kesehatan Pacitan Hendra Purwaka, terobosan ini dilakuan agar masyarakat mudah dan cepat tertangani jika seewaktu-waktu membutuhkan layanan kesehatan. Terutama, bagi masyarakat yang tinggal di wilayah pelosok. Upaya ini juga bentuk pemberian pertolongan kedaruratan jika sewaktu-waktu ada masyarakat yang jatuh sakit, kecelakaan atau kejadian tak terduga lainya.

Namun demikian ungkap Hendra
Purwaka, tidak semua puskesmas dapat memberikan pelayanan rawat inap. Pasalnya, tidak semua puskesmas memiliki fasilitas untuk menampung pasien serta memiliki tenaga dokter. Dari 24 puskesmas yang siap 24 jam dengan layanan rawat inap plus baru 5. Yakni Puskesmas Donorojo, Punung, Pakisbaru, Tegalombo dan Ngadirojo. Sedangkan 9 puskesmas bersetatus rawat inap obserfasi dan sisanya  rawat  gawat darurat.

Hendra Purwaka berharap hadirnya layanan puskesmas 24 jam ini mampu memberikan layanan dasar kesehatan. Bahkan jika terjadi kedaruratan masyarakat tidak lagi panik atau pasien terlambat mendapat pertolongan. Penanganan terhadap pasien akan menyesuaikan dengan kemampuan puskesmas itu sendiri. Jika memang membutuhkan penanganan yang lebih maka akan segera dirujuk ke rumah sakit.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT