Friday, June 24, 2011

Sapi Perah Akan dibudidayakan Peternak Pacitan

Forum Pacitan Sehat - Budidaya ternak sapi perah nampaknya mulai dilirik peternak Pacitan. Meskipun perkembangan populasinya belum sebanyak sapi potong namun sudah menunjukkan peningkatan. Dari hasil sementara sensus hewan ternak, populasi sapi perah baru mencapai 392 ekor. Masih kalah jauh dengan jumlah sapi potong yang mencapai hampir 51.000 ekor. Sebagian besar pembudidaya sapi perah berada di wilayah Kecamatan Pacitan yaitu Kelurahan Sidoharjo, Desa Mentoro, Sirnoboyo dan desa lain selain kecamatan Punung.

Menurut Kabid Tanaman Pangan Dan Peternakan Pacitan Winardi, sebenarnya dengan ketersediaan lahan dan pakan melimpah pengembangan ternak sapi perah hampir bisa dilakukan di semua wilayah di kabupaten Pacitan. Namun dari 12 kecamatan yang ada, Kecamatan Bandar dan Nawangan memiliki potensi yang lebih menjanjikan.

Sementara itu dari hasil budidaya sapi perah yang sudah berjalan selama ini tandas Winardi, peternak sudah bisa menuai hasil. Namun demikian, secara umum para peternak belum bisa meraih untung atau BEP. Permasalahanya, karena jarak dengan wilayah pemasaran cukup jauh. Sementara, ketersediaan peralatan seperti cooling unit untuk menampung susu segar masih meminjam  dari pihak pengepul di Pasuruan. Demikian pula dengan ketersediaan pakan konsentrat yang selama ini juga masih dipasok oleh pembeli.

Jauhnya wilayah pemasaran, diakui Winardi cukup berpengaruh. Utamanya terkait mutu susu. Sebab, jarak tempuh Pacitan-Pasuruan lumayan jauh, yakni enam jam perjalanan. Sehingga kondisi susu menjadi tidak sebaik seperti semula. Untuk itu kedepan pihaknya akan berusaha menjajaki kerjasama dengan  investor yang secara geografis lebih dekat seperti Yogyakarta.

Karena prospek yang cukup baik maka lanjut Winardi, kedepan pengembangan sapi perah akan terus dilakukan. Salah satunya melalui program KUPS (Kredit Usaha Peternakan Sapi). Daerah yang menjadi prioritas adalah kawasan agropolitan. Yakni Kecamatan Bandar dan Nawangan. Terlebih pangsa pasar produk turunan sapi itu sendiri di Jatim masih terbuka luas. Dari total kebutuhan 1.500 ton, baru terpenuhi 600 ton.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT