Wednesday, June 22, 2011

Kabupaten Pacitan Mendapat Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK

Forum Pacitan Sehat - Untuk pertama kalinya Kabupaten Pacitan berhasil meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan. Ini setelah selama 4 tahun berturut-turut daerah ini mendapat predikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP). Penilaian tersebut, diberikan BPK setelah mengevaluasi laporan akhir tahun Pemerintah Kabupaten Pacitan tahun 2010

Sekretaris Daerah Pacitan, Mulyono mengatakan, prestasi WTP yang berhasil diraih merupakan puncak penilaian terhadap sejumlah komponen. Antara lain meliputi, kesesuaian dengan standar akutansi, kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap oeraturan perundangan dan efektivitas system pengendalian internal.

Dengan pencapaian tersebut, lanjut Mulyono, Pemerintah Pusat melalui Depertemen Keuangan Republik Indonesia memberikan penghargaan berupa dana insentif kepada Kabupaten Pacitan. Selain karena keberhasilan meraih opini WTP dari BPK, dana insentif daerah senilai 19 milliar rupiah itu juga diberikan karena ketepatan waktu penetapan APBD, keberhasilan menurunkan indikator makro kemiskinanan dan pengangguran serta peningkatan pertumbuhan ekonomi.

Capaian prestasi wajar tanpa pengecualian dari BPK, lanjut Mulyono tentu bukan akhir dari upaya melakukan tertib administrasi di Kabupaten Pacitan. Kedepan, prestasi tersebut diharapkan dapat tetap dipertahankan. Selain itu yang terpenting adalah peningkatan kualitas penyelenggaraan pemerintahan khususnya penanganan administrasi keuangan dan asset.

Pemerintah daerah sendiri telah menyiapkan peta jalan guna mewujudkan target tersebut. Hal itu dituangkan dalam komitmen untuk meningkatkan kemampuan sumberdaya manusia, penerapan teknologi informasi dalam system administrasi, penerbitan peraturan perundangan serta peningkatan peran system pengendalian internal. (Forkab)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT