Monday, May 16, 2011

Dinas Kesehatan bersama Forum Pacitan Sehat Mengadakan Pemicuan STBM


Forum Pacitan Sehat - Kecamatan Tegalombo melalui tim Kesehatan dan Puskesmas bekerja sama dengan Forum Pacitan Sehat Kabupaten Pacitan dalam beberapa minggu di Bulan April dan Mei 2011 ini mengadakan kegiatan sosialisasi pemicuan STBM (Sanitasi Total Bersama Masyarakat) kepada warga masyarakat di wilayah Desa Tegalombo dan Kemuning Kecamatan Tegalombo.

Kegiatan ini dilaksanakan di Tingkat Kecamatan dan Desa Se Kabupaten Pacitan. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memicu masyarakat guna meningkatkan kesadaran perilaku dan partisipasi warga masyarakat dalam mewujudkan sanitasi yang sehat berupa kesadaran untuk tidak membuang air besar disembarang tempat.

Kegiatan ini bukan yang pertama kali dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan dan Puskesmas yang berkerjasama dengan Forum Pacitan Sehat, tapi sebelumnya telah dilaksanakan di Desa Poko  Kecamatan Pringkuku, Desa Sekar Kecamatan Donorojo, bahkan untuk Desa Poko termasuk ODF tercepat dan juga Kecamatan Donorojo dinilai termasuk berhasil dan telah dicanangkan oleh Bupati Pacitan sebagai desa yang bebas BAB disembarang tempat dan dapat dijadikan percontohan bagi wilayah kecamatan yang lain Kabupaten Pacitan.

Dan bahkan keberhasilan tersebut Desa Poko dicatat oleh Word Bank. Selain itu juga di Desa Tegalombo dan Kemuning Kecamatan Tegalombo dalam Waktu singkat siap menjadi desa STBM dan ODF, Selain itu juga tidak ketinggalan Kecamatan Sudimoro, Desa Sudimoro, Kecamatan Nawangan, Desa Pakisbaru, Kecamatan Bandar Desa Bandar juga siap ODF di Bulan Mei - Juni.

Oleh karena waktu pelaksanaan pemicuan terkendala dengan waktu yang belum tepat, karena masih musim penghujan dan juga karena masyarakat kurang begitu paham betapa peningnya hidup bersih dan sehat juga terkendala biaya. Dalam kegiatan ini warga terlebih dahulu diberikan pengertian-pengertian tentang pentingnya kesehatan dan kebersihan, diajak diskusi untuk menemukan dan memecahkan masalah lewat pemicuan. (aan_Forkab)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT