Tuesday, April 26, 2011

Pemerintah Akan Bangun Community College Percontohan di Jawa Timur

Foruma Pacitan Sehat; Tingginya angka kemiskinan disebabkan banyaknya masyarakat yang menganggur. Pemerintah sendiri terus berupaya mengatasi masalah tersebut. Caranya, dengan memberi keterampilan serta kemampuan dalam membuka lapangan kerja.

Demikian diakatakan Menteri Pendidikan, Muhammad Nuh kepada wartawan di Pedopo Kabupaten Pacitan, Minggu (24/4/2011) petang. Guna mewujudkan tujuan itu, lanjut menteri, pemerintah akan mendirikan Community College (CC). Sentra pendidikan keterampilan bagi lulusan SLTA ini, diharapkan mampu memberi bekal kecakapan sehingga lulusannya mampu mandiri.

Tujuann program tersebut untuk meng-upgrade anak-anak lulusan SMK/ SMA/ MA sederajat.  Mereka akan ditraining secara khusus sehingga diharapkan mampu membuka lapangan kerja atau ikut bekerja baik didalam maupun luar negeri. Sebagai awal, tahun ini akan dibangun 20 unit CC di Jawa Timur. Jika proyek percontohan ini sukses, jelas mantan Menkominfo, kedepan akan dikembangkan di sejumlah wilayah lain di tanah air.

Dalam kunjungannya ke kampung halaman SBY, Menteri Pendidikan melakukan silaturrahmi dengan tokoh pendidikan setempat. Selain itu, Muhammad Nuh juga meninjau lokasi calon pembangunan Gedung Community College di Jalan Walanda Maramis.

Sementara itu menyinggung maraknya kasus kenakalan yang melibatkan remaja dan anak usia sekolah merupakan fenomena zaman. Hal tersebut sekaligus merupakan tanggung jawab bersama untuk menghadapinya.

Kasus kenakalan remaja, lanjut Nuh, bukan hanya disebabkan kwalitas pendidikan. Akan tetapi juga dipengaruhi kondisi sosial kemasyarakat secara keseluruhan. Soal banyaknya kasus kriminalitas yang menyeret pelaku yang masih berusia sekolah ke ranah pidana, penegak hukum diminta tetap mengedepankan perlindungan terhadap anak

Selama berada di Kabupaten Pacitan, menteri mengadakan pertemuan dengan tokoh pendidikan setempat. Selain itu Muhammad Nuh juga meninjau calon lokasi pembangunan Community College di Jalan Walanda Maramis.
(Pur/aan_forkab)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT