Thursday, April 21, 2011

Mentauladani Ibu Kartini Sebagai Ibu Sejati

Forum Pacitan Sehat : Kabupaten Pacitan meski masuk kategori Kabupaten terpencil, perempuan-perempuannya telah mampu berkembang mengikuti jejak kaum laki-laki. Ini menjadi bukti bahwa penyetaraan gender di kota 1001 Goa kian meningkat. Demikian diungkapkan ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pacitan Ny. Luky Indartato, saat memperingati hari kartini di pendopo kabupaten (Kamis, 21/04)

Lebih lanjut istri bupati Pacitan Indartato itu menyatakan, sudah banyak bukti bagaimana perempuan Pacitan mampu sejajar dengan pria. Diantara bukti nyata tersebut antara lain ada camat perempuan, kepala desa perempuan, kepala dinas instansi maupun pengusaha perempuan serta posisi-posisi penting lainya.
Namun demikian sebagai pendamping suami tandas luky Indartato, perempuan tetap harus mengingat kodratnya sebagai istri yang harus hormat dan melayani suami dengan baik serta sebagai guru pada putra-putrinya dilingkungan keluarga. Bahkan pada saatnya, perempuan diharapkan mampu memanfaatkan potensi yang dimiliki. Mengelola sumber keuangan dengan berwirausaha, membantu suami mencukupi kebutuhan keluarga. Jika hal tersebut mampu dilakukan oleh perempuan maka, tidak ada lagi pandangan miring bahwa wanita hanyalah pelengkap saja.

Contoh kecil bagaimana seorang istri bisa memanfaatkan lingkungan pekarangan rumah agar lebih berdaya. Salah satunya dengan menanami berbagai macam kebutuhan dapur keluarga, seperti sayur, bumbu-bumbuan, empon-empon dan lain sebagainya. Hal ini senada dengan program pemerintah seperti yang dicanangkan bupati untuk membentuk pos pemberdayaan masyarakat (posdaya). Tujuannya mendorong masyarakat untuk mengembangkan potensi, baik melalui kegiatan pekarangan hijau maupun usaha mikro bagi keluarga yang tidak mampu dan memanfaatkan lahan terbatas.

Peringatan hari kartini di kabupaten Pacitan selain diisi dengan kegiatan seremonial juga digelar berbagai kegiatan lomba. Mulai dari lomba 10 program pokok PKK hingga kegiatan sosial. Kartini tidak hanya dihayati, diperingati tetapi harus ditauladani. (ann_Forkab)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT