Tuesday, March 29, 2011

Musrenbang dibuka Bupati Pacitan



Forum Pacitan Sehat ; Musyawarah Perencanaaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) Kabupaten Pacitan Tahun 2012, Senin 28 Maret 2011 secara resmi dibuka oleh Bupati Pacitan di Pendopo Kabupaten. Dan di hadiri oleh Seluruh Jajaran Forum Pimpinan Daerah [Forpimda], Pimpinan DPRD, Kepala SKPD, Camat, Perguruan Tinggi, LSM Pacitan Green Land, Forum Pacitan Sehat, Pers, Ketua PKK dan Pimpinan Organisasi Wanita lainnya hadir dalam acara ini. Turut hadir pula Perwakilan Bappeda Propinsi, Kepala Bakorwil 1 Madiun serta perwakilan dari Kabupaten Perbatasan Golekpawon.
Kepala Bappeda Pacitan, Ir. Edy Junan Ahmadi, MM dalam laporannya sebagai Ketua Panitia menyampaikan bahwa Musrenbang RKPD ini merupakan lanjutan dan finalisasi dari Musrenbang Desa, Musrenbang Kecamatan serta Forum SKPD yang telah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu dan berakhir Januari 2011.

Kepala Bappeda Provinsi Jawa Timur  dalam paparan yang disampaikan oleh Kabid Pengembangan Regional, Ir. Suci Purnomo, MM., menyatakan bahwa Jawa Timur merupakan penyumbang kontribusi PDRB Nasional terbesar kedua setelah Propinsi DKI Jakarta. Selain itu Jatim juga merupakan gerbang perdagangan barang dan jasa khususnya di Indonesia Bagian Timur. Khusus untuk wilayah Pacitan, menurut hasil survey Pemerintah Provinsi Jatim, cocok untuk dikembangkan sebagai kawasan perkebunan, pertanian, pertambangan, pariwisata dan pantai serta perikanan. 

Merespon paparan yang disampaikan Bappeda Provinsi,  Bupati Pacitan Drs. Indartato, MM. dalam sambutannya menyampaikan bahwa untuk pembangunan Bidang Pertanian, dana APBD yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Pacitan hanya mampu meyediakan infrastruktur yang sifatnya tersier. Sehingga Bupati meminta kepada Pemerintah Provinsi untuk dapatnya mengalokasikan anggaran-anggaran yang cukup besar untuk infrastruktur untuk akses ke lahan pertanian dan tanaman pertanian lainnya, selain itu tanaman penyimpan air dan penahan erosi semisal aren. Selain untuk penyimpan air, aren dapat difungsikan sebagai pengendali  tanah longsor. Dengan kondisi geografis yang berbukit-bukit, aren sangat tepat untuk pengembangan pertanian hutan maupun perkebunan. Lebih lanjut, Bupati mengharapkan agar usulan pembangunan Anggaran pembangunan di Pacitan dapat direalisasikan. “Dengan dibangunnya fasilitas akses jalan yang  baik menuju pertanian akan dapat menambah lancarnya perekonomian di Kabupaten Pacitan. Di Bidang Perkebunan, kakao, kepala, durian dan jeruk Pacitan merupakan komoditi yang layak untuk dikembangkan. 

Bidang Perikanan juga tidak kalah bagusnya, bahkan Pacitan memiliki pelabuhan tempat pelelangan ikan (TPI). “Hasil ikan dari Pantai Tamperan, Pacitan bahkan Cilacap singgah di Pantai Pacitan”, ujar Bupati. Bupati mengharapkan dukungan dari Provinsi untuk mengembangkan pelabuhan di Kabupaten Pacitan yang cukup luas dan saat ini sudah mulai dirintis  agar bertaraf  Nasional atau Internasional.

Pariwisata juga menjadi prioritas Pemkab Pacitan dalam pembangunan ke depan, selain memiliki pantai yang tersebar di 6 Kecamatan, Pacitan juga mempunyai Goa Gong, Tabuhan dan Luweng Jarang yang tak kalah indahnya. 

Bupati juga mengharapkan kepada Pemerintah Provinsi Jawa Timur  agar  pembangunan Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan - Banyuwangi pada tahun 2013 dapat di selesaikan  sesuai dengan rencana. Bupati yakin dengan dibukanya JLS roda perekonomian khususnya di wilayah selatan Jawa Timur akan semakin maju. “JLS ini merupakan hidup dan matinya wilayah selatan”, tegas Bupati. 

Terkait dengan APBD 2012, Bupati mengharapkan kepada segenap pihak untuk bekerja keras agar APBD dapat disahkan sesuai dengan jadwal yang telah disusun yaitu pada bulan Nopember 2011. Karena ,selain untuk kepentingan rakyat, daerah yang masuk 10 besar pengesahan APBD tercepat akan mendapat dana intensif  dari Pemerintah Pusat yang dapat digunakan untuk mempercepat pembangunan di wilayah Pacitan. Bupati juga mengharapkan kepada semua SKPD untuk mempelajari dan menguasai Rancangan APBD agar memperlancar dan mempercepat ketika hearing dengan DPRD, sehingga APBD dapat disahkan sesuai dengan rencana atau bahkan sebelumnya. “Lebih cepat lebih baik”, ujar Bupati. (aan_forkab)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT