Wednesday, March 23, 2011

Lingkungan Permukiman Sehat

Krisis multidimensi yang terjadi di Indonesia mengakibatkan terpuruknya kondisi masyarakat baik dari segi ekonomi, pendidikan dan kesehatan, yang berimbas kepada menurunnya kualitas hidup masyarakat khusunya di Jawa Timur  yang terkesan tidak mempunyai kesadaran dan tanggung jawab atas krisis yang sedang terjadi.
Tatanan dasar serta akar kehidupan masyarakat yang berbentuk agama, budaya dan adap
 juga telah rusak dan merosot. Nilai-nilai moral dan spriritual terkikis oleh nilai-nilai material kapitalistik yang menjadikan manusia hedonis dan predator dengan melakukan penindasan, kekerasan dan kekejaman terhadap manusia lainnya. Jawa Timur telah kehilangan potensi dan kekayaan sumber daya alam akibat hutan dibabat habis karena kemiskinan atau keserakahan, sungai mati tercemar oleh limbah padat dan cair (persampahan, air limbah domestik dan industri) yang tidak dikelola dengan baik. Situasi yang tercipta saat ini adalah suatu “kekumuhan”, baik dalam bentuk permukiman maupun pemikiran masyarakatnya sendiri. Kondisi ini merupakan cikal bakal timbulnya kesadaran yang rendah serta lemahnya daya, usaha (effort) untuk memperbaiki kondisi lingkungannya.
Akibat dari kondisi itu, maka berbagai problem lingkungan muncul seperti di bidang persampahan, air limbah, banjir maupun air bersih yang saling terkait satu sama lainnya menjadi suatu hubungan kausal. Permukiman yang padat dan tidak teratur, sampah dan air limbah yang dibuang sembarangan, ketidakdisiplinan masyarakat, hutan yang dijarah, menyebabkan lingkungan kita menjadi kumuh, penuh sumber penyakit, banjir, sumber air tercemar dan langkanya air bersih. Merupakan tugas kita semua untuk merubah situasi “kumuh” ini, karena kemampuan finansial pemerintah sudah menurun sejak krisis moneter. Partisipasi seluruh lapisan masyarakat bahu-membahu dengan pemerintah sudah menjadi keharusan karena lingkungan kita adalah tempat hidup kita.

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT