Tuesday, March 22, 2011

Diklat Kepemimpinan Tingkat 3 dibuka Oleh Bupati Pacitan


Forum Pacitan Sehat ; Untuk meningkatkan Sumber daya Manusia dan Profesionalisme birokrasi dibutuhkan guna mewujudkan pelayanan prima bagi masyarakat. Sebagai pelayan publik, jajaran birokrasi dituntut mampu melayani kebutuhan masyarakat dan pemerintah dengan baik. Demikian ditegaskan bupati Pacitan Indartato, saat membuka diklat kepemimpinan tingkat tiga di pendopo kabupaten.

Menurut bupati, peningkatan layanan birokrasi ini merupakan salah satu pilar tujuan otonomi daerah. Yakni meningkatkan kesejahteraan melalui pelayanan birokrasi, pemberdayaan serta partisipasi masyarakat. Untuk itu melalui diklat kepemimpinan ini diharapkan mampu mencetak sosok pemimpin yang cerdas, tangkas, disiplin, jujur dan bertanggungjawab sebagai pelayan masyarakat. Pasalnya untuk mencapai tujuan organisasi dibutuhkan pemimpin yang bisa menyatukan semua aspek dan punya wawasan dan kemampuan yang lebih luas.

Tujuan otonomi lainya menurut Bupati adalah daya saing. Namun untuk yang satu ini kabupaten Pacitan belum mampu mensejajarkan diri dengan kabupaten-kabupaten lain. Salah satu penyebabnya adalah terbatasnya sumber pendapatan daerah. Dengan PAD yang hanya menyumbang sekitar 4 persen berpengaruh dengan belanja langsung daerah.

Kendatipun banyak keterbatasan, namun bupati Indartato berharap hal itu tidak menjadi alasan untuk maju. Melalui diklat kepemimpinan ini diharapkan peserta bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan baik.
Diklat kepemimpinan tingkat tiga ini sendiri diikuti  sebanyak 40 pejabat eselon 3 dilingkup pemerintah daerah. (aan_forkab)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT