Thursday, March 17, 2011

BPBD DILANTIK DAN MENEMPATI KANTOR BARU

Forum Pacitan Sehat ; Bencana alam yang terjadi di Pacitan diharapkan dapat lebih cepat ditangani. Ini menyusul terbentuknya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Para pengurusnya sendiri secara resmi dilantik Bupati Pacitan Indartato di Pendopo Kabupaten Pacitan, Selasa siang
Ditemui usai pelantikan, Bupati Indartato mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir kejadian bencana alam relatif sering terjadi di Pacitan. Hal tersebut mengharuskan pemerintah daerah lebih intensif menangani dampak fenomena alam tersebut. Salah satunya dengan membentuk kelembagaan yang khusus menangani masalah bencana.


Dengan terbentuknya kelembagaan secara resmi, lanjut Indartato, saat bencana terjadi, koordinasi akan lebih mudah dilakukan. Demikian pula dalam hal penanganan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan sistematis. Dari sisi pendanaan, penganggarannya dimasukkan ke pos APBD.

Meskipun secara kelembagaan sudah terbentuk, namun BPBD belum memiliki kantor tetap. Untuk sementara, pusat kegiatan perkantoran ditempatkan di kantor Dinas Bina Marga & Pengairan sebelah selatan Jl. Dewi Sartika Pacitan.

Lima orang yang menempati jabatan di BPBD antara lain Tri Mujiharto sebagai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah. Juri, menjabat Kepala Seksi Kedaruratan dan Logistik. Sedangkan 3 orang lainnya masing-masing, Sugiyono menjabat Kepala Seksi Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Ambar Rukmini sebagai Sekretaris Pelaksana BPBD. Sedangkan Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan dijabat Ratna Budiono. (aan_forkab & Pur )

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT