Saturday, February 26, 2011

Forum Pacitan Sehat Menjadi Tim Penilai Lomba Kebersihan HUT Kab. Pacitan ke 266


Dalam rangka memperingati  hari jadi kabupaten Pacitan ke 266 tahun 2011, Pemerintah Kabupaten Pacitan menggelar lomba penilaian kebersihan dan keindahan perkantoran di lingkungan SKPD, Sekolah, dan Instansi Vertikal se Kecamatan Pacitan kategori perkantoran terbaik. Lomba ini sebagai upaya menciptakan dan meningkatkan kebersihan, keindahan lingkungan dan kenyamanan kantor dan lingkungan Pendidikan serta dalam rangka peningkatan penilaian Adipura pada titik pantau perkantoran. “Kegiatan ini juga untuk memotivasi seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) khususnya dan kepedulian seluruh pegawai untuk berperan aktif dalam peningkatkan kualitas lingkungan perkantorannya,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pacitan, Ir H. Mulyono,MM pada rapat persiapan hari jadi Kabupaten Pacitan belum lama ini.

Selain itu, kata Setda, lomba tersebut juga dapat mengembangkan pertimbangan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan, menumbuh kembangkan cinta dan budaya kebersihan dan keindahan lingkungan perkantoran dan lingkungan pendidikan. Sementara itu, Kepala Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Pacitan, Joni, MM, mengatakan lomba kebersihan dan keindahan kantor di lingkungan Pemkab Pacitan terdiri dari dua kriteria, pertama kriteria prasarana gedung, yang terdiri dari interior dan eksterior. “Termasuklah di dalamnya ruang kerja, tempat sampah, kerapian ruang, kenyaman, Hemat energy dan air,  serta toilet/WC kamar mandi, jenik nyamuk juga papan penunjuk dan papan nama kantor,” kata Joni Jum’at (18/02/11) di ruang kerjanya.

Kemudian, kata Joni, kedua kriteria prasarana lingkungan kantor. Ini poinnya lebih besar karena tim akan menilai tempat pembuangan sampahnya, kemudian, sampah di lingkungan perkantorannya, setelah itu drainase di lingkungan kantornya. “Dilanjutkan dengan ruang terbuka hijau di halaman kantor, apakah tersedia pohon pelindung, serapan peneduh, fungsi peneduh, Area Smoking, tempat pembuangan sampah, taman itu yang akan dinilai, terakhir pagarnya,” jelas Joni.

Sedangkan tim penilai, dalam hal ini dilibatkan beberapa stakeholder antara lain Forum Pacitan Sehat Kabupaten Pacitan, Dinas Cipta Karya Tata Ruang Kebersihan dan Kantor Lingkungan Hidup Kabupaten Pacitan, penilaian dimulai sejak Jum’at (18/02/11) selesai Kamis (24/02/11). Selain itu, untuk lebih mendukung hasil penilaian, tim penilai akan melengkapi hasil penilaian dengan dokumentasi. “ Untuk penilaian kami tidak memberitahukan kapan tim akan turun, tapi kami hanya memberitahukan penilaian di mulai saja. Hal ini agar mereka terpacu untuk merapikan kantornya dan menjaganya sampai tim turun,” jelas Joni. Lomba kebersihan dan keindahan perkantoran tersebut masih belum tahu akan diumumkan kapan. 

“Hadiahnya sendiri bagi kantor yang menang akan mendapatkan piagam penghargaan, karena kami sudah tidak boleh memberikan uang,” terang Joni sebagai penanggung jawap tim panitia. Ia menambahkan pula lomba semacam ini diharapkan dapat di gelar dalam setiap tahunnya. Dan dalam penilaian ini untuk lingkungan pendidikan mulai dari tingkat SD, SMP, SMK, SMA dan MA Negeri maupun swasta.”pungkasnya” (aan_Forkab)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT