Wednesday, February 16, 2011

Forum Pacitan Sehat Ikuti Gerakan Menanam Sejuta Pohon Atasi Kerusakan Hutan

Forkab ; Dalam rangka untuk menghijaukan kembali hutan dan gunung yang gundul akibat penebangan liar yang dilakukan oleh orang–orang yang tidak bertanggung jawab  Bupati Pacitan G. Sudibyo  melaksanakan  aksi gerakan menanam sejuta pohon tingkat  Kabupaten Pacitan  yang dilaksanakan di Wisata Pancer Door  awal 2011. Kegiatan aksi tersebut dihadiri oleh Pejabat lingkup Sekda Pacitan, Kepala Dinas / Badan, Forum Pacitan Sehat, tokoh masyarakat, swasta, LSM, Para Pakar Kehutananan dan lingkungan hidup, serta masyarakat yang ada di Kecamatan Pacitan.

Bupati
Pacitan G. Sudibyo  mengungkapkan bahwa tantangan lingkungan hidup paling berat yang akan dialami oleh umat manusia di muka bumi ini kedepan adalah terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim. Terjadinya pemanasan global yang terlampau ekstrim ini diakibatkan pembakaran bahan bakar fosil terutama batu bara, minyak bumi, dan gas alam yang berlebihan. Lebih lanjut ia mengatakan bahwa Pembakaran tersebut akan melepaskan gas–gas berbahaya ke atmosfir bumi yang diantaranya adalah karbon dioksida dan gas–gas lain. salah satu efek yang ditimbulkan akan semakin tingginya suhu bumi akibat pemanasan global, pola iklim akan berubah akibat dari kenaikan suhu. Akibatnya ada bagian bumi yang curah hujan berlebihan, adapula yang berkurang. Kenaikan curah hujan akan meningkatkan frekuensi dan intensitas banjir, kekeringan yang panjang dan flkuktuasi musim yang semakin sulit diprediksi, sehingga mengancam ketersediaan pangan dan air.

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memperbanyak penyerapan emisi karbon, yakni dengan memperbanyak pohon dan tanaman. Maka dari itu diperlukan upaya mempertahankan keutuhan ekosistem hutan dan melakukan penghijauan secara besar–besaran.
Maka dari itu Pemerintah Kabupaten Pacitan yang menggalang kerjasama dan dukungan pada dinas / instansi terkait agar melakukan gerakan aksi menanam sejuta pohon untuk mempertahankan hutannya dari ancaman degradasi dan deforestasi. 

Aksi yang dilakukan ini merupakan dalam rangka untuk memperbaiki kualitas lingkungan serta upaya pemerintah untuk menanggulangi bahaya erosi yang ditimbulkannya. Disamping itu penanaman pohon ini merupakan upaya jangka panjang kedepan yang dilakukan oleh pemerintah   sehingga  hasilnya  dapat  kita  rasakan manfaatnya  dimasa  depan.  Karena itu G. Sudibyo mengajak kepada masyarakat marilah kita jaga dan pelihara bersama pohon yang kita tanam pada hari ini sehingga dapat tumbuh dengan baik, agar kelak generasi mendatang dapat memetik hasilnya dan menikmati kualitas lingkungan yang baik. (ann_forkab)

1 comment:

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT