Thursday, December 23, 2010

Forum Kabupaten Sehat Dibentuk


Pacitan  -  Membentuk suatu daerah yang bersih dan sehat harus selalu diawali dari diri pribadi dan keluarga masing-masing individu dalam masyarakat. Bila kesadaran ini telah timbul di setiap diri dan keluarga, maka memperoleh lingkungan bersih dan sehat dalam masyarakat luas bisa diwujudkan tanpa harus selalu mendapat koordinasi dari pihak-pihak tertentu untuk melaksanakannya.

Hal ini diungkapkan
oleh Tim Pembina Bapak Dokter Hendra Putranta saat rapat sosialisi Pembentukan Forum Kamunikasi  Kecamatan Sehat (FKS) di 4 (empat titik Pantau) yang mengangkat tema: Meningkatkan Kabupaten Bersih, Aman, Nyaman dan Sehat. Dalam acara sosialisasi ini juga menghadirkan semua kepala Desa, Bidan Desa dan tokoh masyarakat yang peduli tentang kesehatan.

Lebih lanjut
Anang  mengatakan, kebersihan, kesehatan, kenyamanan, dan keamanan dalam suatu daerah itu secara otomatis akan dinilai dan dijalankan langsung oleh masyarakat itu sendiri. Bukan hanya berdasarkan peraturan yang berlaku. Namun, hal ini juga dapat terwujud bukan dengan gagasan semata, lebih dari itu pelaksanaan di lapangan merupakan hal yang utama.

Anang  juga menambahkan, sehat merupakan hak dasar setiap orang. Untuk hidup sehat perlu didukung lingkungan dengan perilaku sehat pula. Untuk itu, katanya, perlu pembangunan berwawasan kesehatan, yaitu setiap pembangunan yang dilaksanakan, perlu mempertimbangkan aspek-aspek kesehatan dan dampak yang ditimbulkan. Dalam mewujudkan masyarakat lebih baik, lebih nyaman dan lebih produktif untuk melaksanakan pembangunan di daerahnya.

Kepala Dinas Kesehatan
Kabupaten Pacitan  mengatakan, FKS dibentuk untuk mewujudkan Kabupaten/Kota sehat. Selain itu FKS juga merupakan wadah bagi masyarakat, khususnya di daerah ini, untuk menyalurkan aspirasi bagi masyarakat tentang kesehatan secara luas.

”Dengan terbentuknya FKS di
Kabupaten Pacitan, nantinya bagi masyarakat daerah ini dapat memberikan saran dan masukan tentang kesehatan secara luas,” terang Kepala Dinas Kesehatan.

Sejalan dengan itu,
Wakil Bupati Pacitan H. Sudibdyo   menyambut baik dibentuknya FKS. Ia menegaskan, Wakil Bupati Pacitan juga menyambut baik dan mengharapkan kepada Forum Kabupaten sehat selalu berkoordinasi dengan para SKPD  dalam melaksanakan program-program kesehatan lingkungan, bahkan hingga pelosok-pelosok desa dan warga untuk melaksanakan kebersihan lingkungan.

”Hal ini dilaksanakan untuk memberikan contoh positif bagi masyarakat tentang kebersihan dan kesehatan lingkungan itu sendiri,
“Kata Wakil Bupati H. Sudibdyo”

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT