Sunday, September 18, 2011

Kabupaten Pacitan Masuk 6 Besar Peraih Penghargaan Penanggulangan Kemiskinan Pro Poor Award


Forum Pacitan Sehat - Upaya pemerintah Kabupaten Pacitan untuk menanggulangi kemiskinan mulai menunjukkan hasil. Hal itu nampak dari apresiasi yang diberikan pemerintah Propinsi terhadap kota Seribu Satu Goa ini yang dinilai pantas masuk nominasi penerima Pro Poor Award. Dari tiga kategori dalam penghargaan Pro Poor Award, Kabupaten Pacitan masuk kategori pemerintahan. Kategori lain adalah lembaga swadaya masyarakat serta perorangan.

Bersama kabupaten Pacitan ada lima daerah lain yang juga berpeluang sama. Yakni, Kabupaten Trenggalek, Probolinggo Kota,Kediri Kota, Sidoharjo, dan Surabaya.Untuk menjadi yang terbaik kabupaten nominator peraih penghargaan harus melalui evaluasi penilaian yang meliputi banyak aspek. Seperti komitmen dan konsistensi pengentasan kemiskinan, dukungan data dan fakta, serta dukungan kultur masyarakat. Hasil evaluasi yang berupa data administratif dan   presentasi selanjutnya akan dinilai kembali di provinsi.

Menurut ketua tim evaluasi penanggulangan kemiskinan Provinsi Jawa Timur Totok Suwarto, penilaian dimulai dari penelaahan hasil evaluasi dan pemberian skor pada berbagai bidang. Mulai dari pendidikan, anggaran, dan lain sebagainya. hasil-hasil evaluasi dan penilaian itu kedepan dapat dijadikan patokan untuk melahirkan sebuah kebijakan dalam penanggulangan kemiskinan.

Kemiskinan merupakan permasalahan kemanusiaan yang multidimensi. Dengan demikian diperlukan upaya penanggulangan lintas sektoral. Tidak hanya dari pemerintah namun juga pertisipasi dari masyarakat itu sendiri. Selain bentuk amanah konstitusi, kegiatan ini sekaligus sebagai stimulan untuk mempercepat akselerasi penanggulangan kemiskinan.(aan/Riz)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT