Monday, July 25, 2011

Dorong PAUD, Siapkan Generasi Emas

Forum Pacitan Sehat - Pendidikan dan kesehatan bagi anak usia dini, sangat penting untuk mencetak generasi masa depan yang berkwalitas. Untuk itu peran dari semua pihak menjadi hal utama guna mendukung tumbuh kembang anak.

Demikian diungkapkan Bupati Pacitan Indartato dalam peringatan hari Anak Nasional bersama siswa siswi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se kabupaten Pacitan. Menurutnya, menyiapkan generasi penerus yang handal harus dimulai sejak anak masih dalam kandungan. Ini Sesuai dengan UU no 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak, yang menyatakan bahwa  anak adalah usia 0 tahun hingga 18 tahun. Dalam rentan waktu tersebut, seorang  anak akan mendapatkan hak dan perlakuan yang seharusnya.

Untuk itu selain kasih sayang dari orang tuanya lanjut Bupati pemerintah juga memiliki andil cukup besar dalam menjamin perlindungan  anak. Peran  pemerintah dalam menyiapkan generasi penerus ini antarra lain, menyelenggarakan pendidikan yang terjangkau, baik formal maupun non formal.
Untuk pendidikan formal anak-anak harus tamat pendidikan minimal hingga 9 tahun atau setingkat SMP. Sedangkan untuk non formal pemerintah mulai memperkuat pendidikan untuk anak usia dini.  Hanya saja khusus untuk PAUD nampaknya masih butuh perhatian. Saat ini angka partisipasi kasar anak yang bersekolah di PAUD baru mencapai 41 persen.

Dibidang kesehatan pemerintah juga memiliki peran penting menjamin kesehatan bagi anak. Dalam hal ini pemerintah memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga tumbuh kembang anak mulai 0 tahun atau sejak  dalam kandungan hingga usia 18 tahun. Jaminan tersebut meliputi kecukupan gizi  hingga layanan kesehatan lainya. Menurut bupati, generasi 0-6 tahun inilah yang  harus dipersiapkan bersama untuk membentuk generasi emas penerus bangsa.

Selain khusus menampilkan anak-anak dari usia dini, peringatan hari Anak Nasional ahun 2011 di kabupaten Pacitan juga menampilkan gaya berbeda. Baik guru pembina PAUD maupun anak-anak peserta menggunakan perlengkapan dan kostum dari sampah daur ulang. Keceria
an anak-anak PAUD semakin bertambah karena bupati yang didampingi Ny. Luki Indartato bersedia diajak jalan kaki bersama dari Pendopo kabupaten hingga gedung YABI, lokasi untuk penyelenggaraan acara. Selain diisi berbagai tampilan dari masing-masing PAUD peringatan hari anak Nasional  juga dilengkapi dengan bazar makan ringan hasil produksi rumah tangga. (Ann/Riz)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT