Wednesday, April 6, 2011

Harapan Bupati Rutan Pacitan Tahun Depan sudah Kosong.


Forum Pacitan Sehat ; Pemerintah akan terus berupaya menciptakan kesejahteraan mayarakat agar kualitas hidupnya turut meningkat. Dengan kehidupan yang lebih harmonis secara tidak langsung akan mencegah ke hal yang mengarah pada tindakan kriminal. Penegasan tersebut disampaikan bupati Pacitan Indartato saat menghadiri pembukaan pelatihan ketrampilan terhadap warga binaan rumah tahanan kelas B Pacitan.

Menurut bupati, dengan terwujudnya kesejahteraan maka kehidupan masyarakat akan lebih baik. Tidak ada lagi rasa kekurangan yang memaksa seseorang melakukan tindakan melawan hukum dan berakhir di balik jeruji besi. Bahkan orang nomor satu di Pacitan itu berharap, suatu saat nanti lembaga pemasyarakatan Pacitan tidak lagi menerima warga binaan, karena masyarakatnya sudah taat hukum.

Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah saat ini, mulai dari penataan pelayanan birokrasi, peningkatan sumber daya manusia, hingga mendorong peran serta masyarakat.
Sebenarnya Bupati Indartato juga sadar untuk mewujudkan hal tersebut tidaklah semudah membalik telapak tangan atau dengan kata lain teori lebih mudah dari pada praktek. Ini karena sumber dana yang dimiliki kabupaten Pacitan masih sangat terbatas.


Hal senada diungkapkan kepala rumah tahanan (Rutan) Pacitan Dasep Rana Budi. Untuk itu melalui program pelatihan ketrampilan ini diharapkan warga binaan di Rutan Pacitan dapat lebih berdaya. Terlebih setelah mereka kembali ke masyarakat saat bebas nanti.

Sebagai fungsi pembinaan Rutan Pacitan menggandeng kerjasama dengan lintas sektoral maupun swasta untuk memberikan ketrampilan kepada warga binaan. Seperti yang akan dilaksanakan kali ini yakni pelatihan cukur rambut dengan menggandeng salah satu usaha salon di Pacitan serta ketrampilan Las kerjasama dengan Politeknik Universitas 10 Nopember Surabaya. Warga binaan di Rutan Pacitan sendiri saat ini sebanyak 117 orang. Terdiri dari 15 anak-anak, 5 wanita dan sisanya pria dewasa. (Aan/Riz)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT