Wednesday, February 2, 2011

FORUM PACITAN SEHAT ADAKAN GERAKAN TANAM POHON BERSAMA KELOMPOK TANI DI DONOROJO


Forum Pacitan Sehat : Hutan mempunyai jasa yang sangat besar bagi kelangsungan makhluk hidup terutama manusia. Salah satu jasa hutan adalah mengambil karbon dioksida dari udara dan menggantinya dengan oksigen yang diperlukan makhluk lain. Maka hutan disebut paru-paru dunia. Jadi, jika terlalu banyak hutan yang rusak, tidak akan ada cukup oksigen untuk pernapasan. 

Berdasarkan Undang-Undang Nomor 41 tahun 1999 tentang kehutanan, yang dimaksud dengan hutan adalah suatu kesatuan ekosistem berupa hamparan lahan berisi sumber daya alam hayati yang didominasi pepohonan dalam persekutuan alam lingkungannya, yang satu dengan lainnya tidak dapat dipisahkan. 
Oleh karena itu Forum Pacitan Sehat pada hari Senin (31/1/11) melaksanakan kegiatannya di kawasan titik Pantau Desa Donorojo, Dusun Jajar tepatnya di gubuk Druju, Kecamatan Donorojo, mengadakan kegiatan pelestarian hutan / penanaman pohon bersama kelompok tani dusun Jajar Desa Donorojo Kecamatan Donorojo yang dihadiri oleh "Tokoh Masyarakat, Kantor Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan sebagai Tim Pembina Kabupaten, Hutbun, Tim Penggerak PKK Kabupaten, Bappeda, Forum Pacitan Sehat, Radio Suara Pacitan, RGPA, Muspika Donorojo", Puskesmas Donorojo serta Perangkat Desa Donorojo. 

Dalam sambutannya camat Donorojo mengharapkan agar supaya hutan harus selalu di lestarian demi anak cucu kita nanti, selain juga mengingatkan pada warga masyarakat manfaat hutan tersebut juga bermanfaat menanggulangi erosi bencana banjir dan bencana alam. (Ann_Forkab)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT