Thursday, October 10, 2013

Pangdam V Brawijaya Buka TMMD Ke 91 Di Pacitan



Foruma Pacitan Sehat ; Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 91 tahun 2013 di Jawa Timur tidak hanya menitik beratkan pada pembangunan infrastruktur maupun sarana dan prasarana. Namun, juga menyasar kegiatan non fisik. Dimana, para personil TNI yang terlibat memberikan sosialisasi dan pencerahan tentang wawasan kebangsaan.


Demikian dikatakan Panglima Kodam V Brawijaya Mayjend Ediwan Prabowo saat membuka Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) di Kabupaten Pacitan, Rabu (9/10). Bukan hanya sekedar membangun sarana fisik,  kegiatan TMMD nantinya tegas Pandam, juga memperkenalkan teknologi tepat guna ke masyarakat. Khusus di Jawa Timur pihaknya bekerjasama dengan Universitas Pembangunan Nasional untuk penerapan teknologi itu.

Teknis aplikasi teknologi tepat guna itu sendiri didahului oleh survei dari perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan Kodam V Brawijaya. Lokasinya berada pada titik pelaksanaan kegiatan TMMD. Dari hasil survei itu lantas dirumuskan model teknologi tepat guna apa yang potensial untuk dikembangkan.

Dikatakan Pangdam, di Jatim ada enam kabupaten yang menjadi sasaran program TMMD. Selain Kabupaten Pacitan wilayah lainnya adalah Kabupaten Blitar, Jombang, Sidoharjo, Jember, dan Bondowoso. Daerah-daerah tersebut dijadikan lokasi program dengan berbagai pertimbangan. Diantaranya terpencil, tertinggal untuk mempercepat peningkatan kesejahteraan.

Sementara, dalam kesempatan sama Bupati Pacitan Indartato mengatakan diwilayahnya hanya ada satu desa sasaran. Yakni Desa Karangnongko, Kecamatan Kebonagung dengan kegiatan perbaikan jalan. Selama ini jalan tersebut hanya mampu dilalui dengan jalan kaki dan kendaraan roda dua saja.

TMMD ke 91 rencananya akan berlangsung selama 21 hari. Pada masing-masing kabupaten akan ada sekitar 150 orang personil yang diterjunkan. Baik dari TNI Angkatan Darat (AD), Angkatan Laut (AL), Angkatan Udara (AU), serta Kepolisian. (Ans)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT