Wednesday, February 2, 2011

Awas, Tiga Kecamatan Kantong Kusta



Penyakit kusta nampaknya masih banyak ditemui di kabupaten Pacitan. Data Dinas Pendidikan menyebut tiga kecamatan di kota Seribu Satu Goa (101) ini, yang menjadi wilayah kantong penyakit kusta. Ketiganya adalah "Bandar, Ngadirojo, dan Sudimoro". Dijelaskan Kabid Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P3L) Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan Hendra Purwaka, sesuai perkembanganya jumlah wilayah itu turun dibanding tahun sebelumnya, yakni tujuh kecamatan. Untuk itu diharapkan masyarakat berperan aktif untuk memberantas penyakit tersebut. Jika menemui gejala seperti panu, bercak-bercak putih disertai mati rasa, warga diminta segera memeriksakan diri
Selain terus memberikan pemahaman kepada masyarakat pemerintah kabupaten (pemkab) sudah mendirikan semacam lokasi khusus penanganan kusta di Kecamatan Pringkuku dan Bandar. Tidak itu saja, para tenaga medis dan dokter yang bertugas di wilayah kantong kusta juga mendapatkan pelatihan. Contohnya di Kecamatan Sudimoro. Upaya pelatihan itu diberikan guna menghindari over diagnosa atau sebaliknya untuk mencapai target bebas kusta 2014.

Mengenai ketersediaan obat, Hendra mengatakan sudah disiapkan. Karena harganya yang cukup mahal, obat hanya disediakan di propinsi dan pusat sebagai bagian dari program.  Diakuinya, untuk menyembuhkan penyakit kusta tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Khususnya pada penderita yang kondisinya sudah parah. Misalnya, hingga kehilangan jari dan lain sebagainya.

Hendra mengungkapkan, gejala awal penyakit Kusta bagi orang awam memang sedikit sulit dikenali. Sebab, awal serangan hanya ditandai dengan munculnya bercak putih di kulit, mirip penyakit panu (penyakit kulit). Namun, jika disentuh tidak terasa atau mati rasa. Masa inkubasi penyakit tersebut  cukup lama, berkisar dua sampai lima tahun. Sehingga, perlu pemeriksaan dini bagi penderita yang memiliki gejala seperti kusta. (Ann_Forkab)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT