Friday, January 21, 2011

Jumlah Penderita HIV/AIDS Pacitan Meningkat







Pacitan, Forum Pacitan Sehat
Menurut data dinas kesehatan Pacitan tahun 2010, jumlah penderita HIV/AIDS di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur, meningkat dua kali lipat lebih.Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pacitan, Maulana Hamdani mengatakan “Tahun ini peningkatan kasusnya mencapai 150 persen,” kata Hamdani.

Kata Hamdani, Tahun 2009 lalu, jumlah penderita HIV/AIDS yang sempat tercatat hanya 10 orang. Namun seiring perjalanan waktu, jumlah tersebut tahun 2010 ini meningkat menjadi 25 orang dengan 14 orang di antaranya berakhir dengan kematian.
Kasus terakhir yang sempat tercatat di Dinkes adalah meninggalnya seorang balita berusia tiga tahun asal daerah Kebonagung yang tertular virus mematikan itu dari ibunya. “Rata-rata penderita tertular ketika bekerja di luar daerah,” ujarnya.

Untuk mengatasi ancaman HIV/AIDS yang cenderung meningkat, Maulana setuju jika upaya pencegahan juga dilakukan melalui pembinaan moral, misalnya, dengan melibatkan kantor kementerian agama, LSM maupun dinas dan lembaga terkait. Alternatif pencegahan dan sosialisasi lintas sektoral semacam itu dirasa penting, mengingat penyakit menular yang belum ditemukan obatnya ini seringkali tidak dipahami dan disadari oleh penderitanya. Semisal, ketika seseorang selama enam bulan telah terjangkit dan saat dilakukan tes darah belum diketahui.

Padahal, sebenarnya sudah berpotensi menjadi penular. Kondisi seperti ini membahayakan bagi lingkungan sekitarnya. "Sebenarnya tidak sekedar jumlah nominal pertahun. Pada posisi hamil, awalnya suami atau istri sudah terjangkit dan kemudian menular ke janinnya," terang Hamdani. (Forkab_2011)

No comments:

Post a Comment

ads

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI FORUM PACITAN SEHAT